Beranda Tips Trik Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga

Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Rajin Berbunga

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Bagi penghobi tanaman hias, tentunya belum lengkap bila belum mengkoleksi bunga anggrek. Tanaman yang hidupnya menempel pada tanaman lain ini, memiliki ciri khas bunga warna warni yang eksotik, sehingga layak dikoleksi.

Sedikit berbeda dengan tanaman bunga lainnya, tanaman anggrek merupakan tanaman epifit yakni tumbuh dengan mengambil sisa-sisa nutrisi dari tumbuhan lain. Dengan karakternya ini, anggrek tidak membutuhkan media tanah sebagai tempat tumbuhnya.

Selain itu, rata-rata tanaman anggrek tidak membutuhkan sinar matahari yang berlebihan. Inilah mengapa tanaman anggrek tetap dapat tumbuh dan berbunga lebat meski ditempatkan di dalam rumah atau kantor.

Tanaman anggrek membutuhkan waktu 15 bulan untuk dapat berbunga. Selama waktu tersebut tanaman membutuhkan asupan makanan tambahan agar dapat tumbuh dengan baik dan berbunga secara rutin.

Tanaman yang masih berumur remaja, hanya membutuhkan pupuk dengan kandungan nitrogen yang tinggi. Sedangkan yang telah dewasa dan berbunga, membutuhkan unsur hara yang komplit dan kandungan NPK yang berimbang.

Perawatan Rutin Berbunga Rajin

Menurut manager kampung anggrek, Didik Suharyanto, tanaman anggrek wajib dirawat dengan baik agar tumbuh normal dan segera berbunga. Pemeliharaan harus dilakukan sejak tanaman keluar dari laboratorium aklimatisasi menjadi single seedling plant. Perawatan rutin yang diperlukan adalah pemberian air setiap hari dan pemupukan setiap bulan.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Kediri

Saat tanaman telah berkembang biak dan membentuk rumpun yang berlebihan, maka tanaman anggrek perlu dilakukan penjarangan dengan membelah rumpun menjadi beberapa bagian. Selanjutnya ditanam pada pot baru yang dilengkapi media tanam.

Tanaman anggrek juga perlu dihindarkan dari berbagai penyakit dan hama yang mengganggu. Diantaranya siput tanpa cangkang dan kumbang gajah pemakan daun. Pencegahan masuknya jamur dan bakteri yang menyerang akar, dapat dilakukan dengan menjaga kelembaban media agar tidak terlalu basah. Dengan perawatan yang baik, dijamin tanaman anggrek dapat tumbuh dengan subur dan berbunga lebat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here