Beranda Tips Trik Tips Sukses Budidaya Ikan Koi

Tips Sukses Budidaya Ikan Koi

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Selain dikenal sebagai bumi Bung Karno, Blitar juga merupakan centra penghasil ikan koi hias yang sudah banyak dikenal masyarakat luas. Bisnis budidaya ikan koi tersebut bila dilakukan dengan tekun, ternyata bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat. Karena menguntungkan, banyak diantara para peternak di Blitar yang menggantungkan hidup dari budidaya ikan koi.

Salah satu adalah Agus Rriyanto, salah seorang peternak yang sukses menekuni budidaya ikan koi. Bapak dua anak tersebut sudah sejak puluhan tahun yang silam terjun menekuni bididaya koi. Siapa sangka, buah dari ketekunanya membudidayakan ikan hias tersebut, dirinya bisa membeli sebuah rumah sekaligus beberapa petak lahan persawahan yang kini dia sulap menjadi kolam pembenihan.

Di rumah yang juga digunakan sebagai tempat usaha budidaya ikan koi yang terletak di Jalan Raya Penataran Kecamatan Nglegok tersebut terdapat belasan kolam tempat menampung ikan koi siap jual. Sebelum dikirim ke para konsumen, oleh Agus, ikan-ikan tersebut sebelumnya dikarantina terlebih dahulu di bak-bak atau aquarium tempat penampungan.

Ikan Koi Membawa Hoki

Kecintaanya terhapap ikan koi, berawal pada tahun 1997 silam, tanpa sengaja saat bertandang di rumah salah seorang kawannya di Desa Nglegok, dirinya melihat segerombolan ikan berwarna cantik menghiasi aquarium ruang tamu. Karena penasaran, Aguspun mencari tahu tentang jenis dan juga cara membudidayakan ikan koi tersebut.

Awal usahanya Agus hanya mampu menyewa lahan persawahan milik salah seorang kerabatnya seluas 200 meter persegi. Oleh Agus lahan tersebut kemudian disulap menjadi sebuah kolam ikan. Karena terbentur modal terpaksa untuk membeli dua ekor ikan indukan, Aguspun terpaksa menggadaikan BPKB motor kesayanganya.

Benih pertama hasil pemijahan dari indukan tersebut, oleh Agus ditebar dikolam tempat budidaya, namun karena kondisi cuaca yang kurang mendukung, ribuan benih ikan yang ditebar Agus mati semua. Kondisi tersebut tidak menyurutkan niatnya untuk tetap terjun membudidayakan ikan hias tersebut.

Belajar dari tiap kegagalanya membuat Agus semakin paham akan sifat dan kondisi ikan. Bisnis budidaya ikan koi tersebut adalah merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Jika dikerjakan dengan benar, maka para peternak akan bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Kepiawaianya membudidayakan ikan koi saat ini sudah tidak diragukan lagi, berbagai jenis ikan koi hasil budidayanya sudah sering menjuarai berbagai kontes ikan koi tingkat nasional seperti di Jawa, Bali, Kalimantan dan juga Papua. Hal ini terbukti dari banyaknya tropy dan juga piala lomba yang menghiasi sebuah almari yang ada disebuah sudut ruang tamu dirumahnya.

Di Kecamatan Nglegok sendiri, terdapat sedikitnya tiga desa penghasil ikan koi, yakni, Kelurahan Nglegok, Desa Kemloko, dan Desa Penataran. Di desa tersebut sekitar 75 persen penduduknya sejak puluhan tahun yang lalu terjun menekuni budidaya ikan hias koi. Dan karena kualitas yang dihasilkan sangat bagus, membuat ikan koi dari Blitar sudah dikenal di seluruh nusantara.(*)

Reporter: Tim Liputan AGTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here