Beranda Wisata Hiburan Tradisi Jamasan Pusaka yang Hampir Punah

Tradisi Jamasan Pusaka yang Hampir Punah

BERBAGI

Nganjuk, AGTVnews.com – Tradisi jamasan pusaka pada bulan Suro, masih dipertahankan oleh sebagian masyarakat Jawa. Seperti yang dilakukan oleh warga Desa Baleturi Kecamatan Prambon Nganjuk ini. Mereka tetap menggelar ritual jamasan, meskipun pesertanya dari tahun ke tahun terus berkurang.

Jamasan pusaka adalah tradisi membersihkan pusaka yang dimiliki oleh seseorang yang dilakukan satu tahun sekali yakni di bulan Suro. Dalam prosesi ini nampak terlihat sakral, dengan melibatkan keluarga kasunanan kerajaan Jogjakarta.

Air untuk proses pembersihan pusaka diambilkan khusus dari mata air tertua di Desa Baleturi oleh dua gadis keturunan asli warga desa tersebut.

Menurut sesepuh desa, Witanto Harjo Winoto, tradisi jamasan pusaka kini mulai punah tergerus jaman moderen. Sebagian besar keluarga sudah tidak lagi memiliki pusaka yang disimpan di rumahnya. Meski begitu pihaknya tetap akan menggelar ritual jamasan, demi mencintai budaya dan adat istiadat jawa.

Para sesepuh desa berharap tradisi jamasan pusaka dapat terus dilakukan. Agar budaya yang diwariskan oleh leluhur tidak punah digerus modernisasi.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here