Beranda Peristiwa Pekerja Pabrik Tewas Tergilas Mesin Giling Tebu

Pekerja Pabrik Tewas Tergilas Mesin Giling Tebu

BERBAGI

Kediri, AGTVnews.com – Seorang pekerja pabrik pembuatan gula merah di Desa Rembang Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri tewas mengenaskan setelah sekujur tubuhnya tergilas mesin penggilingan tebu, Rabu (23/11/2016).

Korban ikut tergiling bersama tebu saat bajunya tersangkut pada mesin penggilingan. Pekerja malang itu adalah Kusmani, pekerja pabrik pembuatan gula merah milik Komari di desa setempat.

Menurut saksi, Rokhim, korban tergilas mesin penggilingan bersama tebu karena bajunya tersangkut sewaktu mengambil puntung rokok. Seketika, karyawan lain mematikan mesin. Tetapi sekujur tubuh korban sudah remuk hingga akhirnya tewas.

“Saat kejadian semua karyawan sedang bekerja di bagian masing-masing. Kusmani ini tugasnya mengontrol mesin giling. Pas saat itu dia mau ambil rokok yang jatuh, ternyata bajunya nyangkut ke mesin penggilingan,” ujar Rokhim.

Tim identifikasi dari Polres Kediri bersama Polsek Ngadiluwih langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. Menurut petugas, kecelakaan kerja ini terjadi akibat pakaian korban yang tersangkut mesin, sehingga ikut tergiling bersama tebu sebagai bahan baku pembuatan gula merah.

Ada Dugaan Kelalaian Keselamatan Pabrik

Kapolsek Ngadiluwih, AKP Ridwan Sahara menyatakan, penyebab kematian korban murni karena kecelakaan. “Iya murni kecelakaan. Hanya saja kita masih mendalami apakah keselamatan kerja sudah diterapkan secara baik apa belum di pabrik ini,” ujar AKP Ridwan Sahara.

Polisi membawa jenasah korban ke rumah sakit Bhayangkara Kediri untuk dioutopsi. Sementara itu, pemilik pabrik akan diperiksa perihal indikasi unsur kelalaian, mengingat mesin penggilan tanpa dilengkapi pengaman.(*)

Reporter: Wiji Guntoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here