Beranda Peristiwa Penemuan Umpak Tiang Candi di Nganjuk

Penemuan Umpak Tiang Candi di Nganjuk

BERBAGI

Nganjuk, AGTVnews.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk, melakukan penggalian benda purbakala yang diduga merupakan sebuah umpak di pekarangan rumah salah seorang warga di Jalan Mayjen Sutoyo Lingkungan Templek Kelurahan Jatirejo Kecamatan Nganjuk.

Benda yang diperkirakan sudah lama terpendam itu ditengarai berupa umpak atau alas dari sebuah bangunan. Setelah dilakukan penggalian, benda yang juga diyakini bernilai sejarah tinggi itu selanjutnya diangkat dan disimpan di museum Nganjuk untuk dilakukan penelitian.

Amin Fuadi, Kasi Purbakala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk mengatakan, bahwa penemuan benda yang diduga umpak tersebut adalah kali pertama di Nganjuk.

Umpak biasanya dipakai sebagai alas tiang soko guru (4 tiang pada rumah induk). Untuk memastikan apakah tempat ini dulu pernah dibangun sebuah pendopo atau sejenisnya, masih kakan di lakukan penelusuran.

Pernah Ditemukan Sebagai Lumpang

Sebelum digali, kata Amin, warga sekitar pernah melakukan penggalian sekitar 20 tahun yang lalu, dan menganggap benda ini adalah lumpang (tempat menumbuk padi).

Benda dengan tinggi 71 sentimeter dan panjang 79 sentimeter ini setelah di gali nantinya akan dievakuasi dan dibawa ke Museum Anjuk Ladang, guna dilakukan penelitian lebih lanjut.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here