Beranda Tips Trik Tips Perawatan Kambing Etawa Kontes

Tips Perawatan Kambing Etawa Kontes

BERBAGI

Blitar, AGTVnews.com – Menjadi juara dalam ajang kontes kambing etawa, ternyata bukan perkara gampang. Selain menjaga agar kondisi kambing tetap dalam keadaan prima, pemberian vitamin dan juga pakan nutrisi khusus juga diperlukan saat menjelang lomba.

Seperti yang terlihat pada ajang kontes kambing etawa yang digelar di lapangan pasar hewan Begelenan Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar, Minggu siang (20/11/2016). Ratusan kambing etawa dari berbagai daerah, seperti Jawa, Bali, Kalimantan dan juga Sumatra, disiapkan oleh pemiliknya untuk mengikuti kontes kambing tingkat nasional.

Menurut peternak, Mugiharjo, untuk mencetak kambing kelas kontes diperlukan perawatan rutin yang bagus. Biasanya lima hari menjelang lomba, kambing-kambing akan diberi vitamin dan juga nutrisi khusus, berupa rumput yang dicampur dengan polar dan telor ayam.

Selain itu, untuk mempercantik bulu-bulu kambing, setiap seminggu sekali kambing-kambing etawa tersebut akan dimandikan dan diberi shampo, layaknya di salon.

Selain perawatan rutin, hal lain yang tidak kalah penting adalah pemilihan postur yang proporsional, sehingga penampilan kambing bisa memikat juri.(*)

Reporter: Suko Fitriono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here