Beranda Tips Trik Alat Pembasmi Rumput Tanpa Obat

Alat Pembasmi Rumput Tanpa Obat

BERBAGI

Nganjuk, AGTVnews.com – Seorang warga di nganjuk, berinovasi membuat alat pembasmi rumput pengganggu tanaman yang bebas bahan kimia. Sang inovator adalah Susanto, warga Desa Gandu, Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk. Ia menamakan alat ini SMAPUT, singkatan Susanto Pembasmi Rumput.

Cukup mudah untuk membuat alat smaput ini, cukup menggunakan bahan bakar elpiji, kemudian disambungkan dengan regulator, selang dan kompor yang dimodifikasi untuk mengeluarkan api, kemudian digunakan untuk membakar rumput.

Aplikasi alat ini sebelum tanah pertanian ditanami tanaman sehingga tidak mengenai tanaman utama. Rumput yang dibakar pun kemudian menjadi arang yang mengandung zat carbon. Limbah ini dapat mengikat racun di tanah, sehingga dapat bermanfaat bagi tanah.

Penggunaan alat smaput juga dapat digunakan pada rumput yang tebal. Jika rumput yang akan dibakar cukup tebal, maka penggunaan alat smaput dilakukan secara bertahap, pagi hari rumput-rumput dikeringkan terlebih dahulu, kemudian sorenya rumput dapat dibakar.

Teknologi smaput dikembangkan untuk mengurangi penggunaan herbisida pada tanaman petani. Selain itu alat SMAPUT ini dapat meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga bagi para petani untuk dapat segera mengolah tanah pertanian.(*)

Reporter: Bagus Jatikusumo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here