Beranda Viral 5 Kuliner Khas Nganjuk Yang Nikmat

5 Kuliner Khas Nganjuk Yang Nikmat

BERBAGI

Nganjuk, AGTVnews.com – Kabupaten Nganjuk yang terkenal dengan sebutan Kota Angin, ternyata juga menyimpan sejuta potensi dari wisata alam, kuliner, budaya dan sejarah. Dengan wilayah yang terletak di lereng utara Gunung Wilis, Kabupaten Nganjuk memiliki kondisi dan struktur tanah yang cukup produktif untuk berbagai jenis tanaman.

Hal ini lah yang menyebabkan banyak variasi makanan sejak turun temurun.  kali ini tim redaksi AGTV telah mengumpulkan 5 macam kuliner khas Nganjuk yang wajib dicoba pecinta kuliner karena mengundang selera.

1. Nasi Becek

Kuliner pertama dan sangat terkenal di Nganjuk adalah Nasi Becek. Jenis kuliner Nasi Becek hampir mirip dengan kare kambing atau gulai kambing, namun Nasi Becek ini memiliki cita rasa dan penyajian yang berbeda. Nasi Becek disajikan seperti soto babat yang didalamnya terdapat irisan kubis, kecambah dan potongan sate kambing.

Perpaduan rasa kuah dan sate inilah yang menjadi keistimewaan dari makanan Nasi Becek. di Nganjuk ada sebuah warung makan yang terkenal dengan nasi beceknya sejak dahulu yakni di jalan Dr Soetomo nganjuk, jadi tak ada salahnya untuk mampir dan menikmati kuliner satu ini.

2. Jajanan Dumbleg

Panganan khas Nganjuk kedua adalah Dumbleg. Kudapan tradisional khas Nganjuk ini masih diproduksi di daerah Kecamatan Gondang dan sekitarnya. Rasa dumbleg ini manis legit dan bentuknya panjang hampir seperti dodol. Jajanan ini terbuat dari tepung beras, gula jawa dan santan yang dibungkus dari pelepah daun pinang.

Namun kuliner yang satu ini kurang populer di masyarakat, sehingga saat ini sangat sulit untuk dijumpai. Untuk anda yang suka dengan makanan yang satu ini, silakan berburu di pusat oleh-oleh di Kota nganjuk untuk mencicipi rasanya.

3. Makanan Ringan Krupuk Pecel

Kuliner ketiga khas daerah Nganjuk adalah krupuk pecel. Hanya sedikit kota yang ada jajanan bernama krupuk pecel, Salah satunya di Nganjuk. Krupuk pecel khas Nganjuk ini adalah krupuk bakar yang dicampur dengan sayuran. Dalam penyajianya yaitu krupuk yang di atasnya ditaburi sayuran yang terdiri dari toge, bayam ,rebung, kenikir, daun kacang dan kacang panjang, kemudian disiram dengan bumbu pecel.

Jika anda berkunjung ke nganjuk jangan lupa untuk mencicipi krupuk pecel. Warung krupuk pecel masih gampang dijumpai di berbagai warung di sekitar kota Nganjuk.

4. Tepo Mbah Umbruk

Keempat adalah Tepo Mbah Umbruk. Namanya agak asing dan jarang terdengar. Nama aslinya adalah tepo, sedangkan mbah umbruk hanya sebutannya saja. Tepo Mbah Umbruk mirip dengan lotong yang bungkusnya terbuat dari daun pisang namun berbentuk kerucut dan sedikit miring.

Dalam penyajian tepo dicampur tahu setengah matang dicampur dengan bumbu lain, seperti sayur kacang panjang yang hanya diambil isinya saja, kacang tolo dan bumbu penyedap lainnya.

5. Onde-onde Jemblos

kelima atau yang terakhir yaitu onde-onde jeblos. Panganan khas Nganjuk ini bentuknya seperti onde-onde pada umumnya namun perbedaanya berbentuk padat, bentuknya pecah layaknya orang ketawa. selain taburan biji wijen, rasanya yang manis membuat makanan ini banyak disukai. Makanan ini sangat pas dijadikan sebagai camilan saat sedang bersantai.

Itulah kelima macam makanan khas Nganjuk yang sangat disayangkan bila tidak dicoba. Simak terus hasil liputan redaksi AGTV yang menyajikan informasi penting bagi anda. (*)

Reporter: Tim Liputan AGTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here