Beranda Peristiwa Anak Paus Tersangkut Jaring Nelayan Tuban

Anak Paus Tersangkut Jaring Nelayan Tuban

BERBAGI

Tuban, AGTVnews.com – Warga pesisir Pantai Utara Jawa di Desa Panyuran Kecamatan Palang Kabupaten Tuban dikagetkan dengan penemuan anak paus oleh nelayan setempat. Hewan mamalia ini dibawa nelayan ke pinggir pantai setelah sebelumnya ditemukan dalam kondisi mati usai tersangkut jaring.

Kejadian bermula saat Samaun, nelayan setempat mencari ikan di perairan Laut Utara Jawa. Saat itu ia hendak mengambil jaring yang sudah dipasang sehari sebelumnya. Namun saat menengok alat tangkapnya di tengah laut, didapati ikan paus terjerat jaring dalam keadaan mati. Nelayan yang menemukan langsung berinisiatif membawanya ke darat.

Diduga anak paus tersebut mati akibat sejumlah luka lantaran tersangkut besi jaring. Bahkan bagian matanya mengeluarkan air mata darah. Keberadaan paus dengan panjang satu meter ini seketika mengundang penasaran pengunjung dan warga sekitar. Mereka langsung mendekati bangkai paus yang tergeletak di atas pasir pantai, untuk sekedar melihat atau mengabadikan dengan kamera handphone.

Menurut nelayan, paus tersangkut jaring nelayan seperti ini bukan kali pertama terjadi. Gerombolan ikan paus kerap melakukan perjalan melewati perairan utara Jawa untuk migrasi saat pergantian musim, sehingga tanpa sengaja masuk jaring yang dipasang nelayan di tengah laut. (*)

Reporter: Zahra Banatina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here