Beranda Ekonomi Bisnis Cara Membuat Es Krim Dari Buah Sukun

Cara Membuat Es Krim Dari Buah Sukun

BERBAGI

TUBAN – Tanaman sukun yang banyak tumbuh di daerah pegunungan, selama ini hanya terkenal untuk dibuat kripik dan gethuk. Namun warga di Desa Tuwiri Wetan Kecamatan Merak Urak Kabupaten Tuban, berhasil membuat jajanan unik yang berasal dari buah sukun yaitu es krim sukun.

Biasanya es krim dibuat dari bahan bahan seperti full cream, whippy cream, agar agar, gula, perasa, dan aneka bahan lainnya. Namun es krim dari buah sukun, bahan dasarnya adalah buah sukun.

Sukun yang sudah tua di pohon, dipetik lalu di kupas kulitnya. Untuk menghilangkan getahnya, buah sukun yang sudah di potong potong menjadi beberapa bagian ini, di cuci hingga bersih dari getah.

Baca Juga: Miniatur Truk Karya Pemuda Asal Malang Laris Manis

Setelah itu sukun di kukus selama kurang lebih 30 menit. Setelah masak, sukun kemudian di blender sampai halus. Setelah berstekstur lembut, sukun yang sudah menjadi adonan ini kemudian diaduk dengan santan dan gula. Setelah itu sukun dimasukkan alat berbentuk tabung yang fungsinya untuk menjadikan es krim.

Namun jangan lupa, di luar tabung ini harus diisi dengan es batu dan garam secukupnya agar seluruh adonan tersebut bisa mengeras. Bahan es krim yang telah di campur susu kental inipun siap di putar-putar di dalam tabung. Proses memutar es krim ini sangat lama, membutuhkan waktu hingga 3 jam.

Es krim sukun ini penyajiannya sama dengan es krim es krim lainnya, yaitu dengan menggunakan cangkup atau krupuk es krim. Satu cangkup es krim, biasanya dijual dengan harga Rp 5 ribu.

Selain mengandung karbohidrat cukup tinggi, es krim dari buah sukun juga berkhasiat untuk pencegahan penyakit diabetes, dan bisa untuk diet. (*)

Reporter: Zahra Banatina.

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here