Beranda Tips Trik Light Trap Perangkap Hama Wereng

Light Trap Perangkap Hama Wereng

BERBAGI

NGANJUK – Kebiasaan petani melakukan penyemprotan dengan pestisida untuk membasmi serangga pengganggu tanaman, kini bisa dicegah dengan kreasi perangkap hama yang dibuat Susanto, warga asal Desa Gandu Kecamatan Bagor Nganjuk.

Perangkap hama buatan Susanto ini mengandalkan cahaya matahari sebagai sumber utama pengisi baterai, yang terhubung pada sebuah lampu LED. Nantinya lampu LED berwarna hijau tersebut akan mengeluarkan cahaya yang menarik perhatian hama terutama serangga di malam hari.

Baca Juga: Alat Pembasmi Rumput Tanpa Obat

Alat solar cell atau alat tenaga matahari tersebut secara otomatis akan menyala ketika kondisi gelap dan ketika kondisi siang lampu akan mati dengan sendirinya. Prinsip kerjanya, ketika malam hari lampu LED akan menyala dan menyita perhatian hama. Di bawah lampu diberikan sebauh wadah air yang sudah di campur dengan sabun. Ketika hama mendekati lampu dengan sendirinya nanti hama tersebut akan jatuh ke dalam air yang bercampur sabun dan selanjutnya mati.

Metode ini ternyata bisa mengurangi prosentase penggunaan pestisida hingga 50 persen. Hal ini dikatakan Susanto, dalam penggunaan lahan padi seluas 1 hektare bisa menggunakan delapan alat ini dan digunakan sejak masa tanam awal hingga akhir. Kondisi ini sudah diuji coba di lahan padi miliknya dan berhasil mengurangi serangan hama secara keseluruhan.

Saat ini susanto masih memproduksi sendiri alat ini. Ia berharap ada dukungan dari pemerintah terutama kementrian pertanian agar alat ini bisa digunakan secara menyeluruh kepada petani. Selain bisa digunakan untuk tanaman padi, alat ini juga bisa digunakan untuk tanaman jenis lain, seperti bawang merah dan tanaman palawijo. (*)

Reporter: Bagus Jatikusumo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here