Beranda Peristiwa Reruntuhan Benda Bersejarah Ditemukan Di Tengah Sawah

Reruntuhan Benda Bersejarah Ditemukan Di Tengah Sawah

BERBAGI

MADIUN – Kabupaten Madiun menyimpan banyak sejarah kerajaan pada jaman dulu. Selain situs Ngurawan, di Desa Kecamatan Geger ada sebuah gundukan bongkahan batu bata di tengah sawah yang diyakini sebagai reruntuhan benda bersejarah.

Gundukan setinggi 2 mater yang dipenuhi semak-semak itu memperlihatkan bekas kejayaan peradaban masa lampau. Ini bisa dilihat dari tumpukan batu bata, serta temuan lingga dan yoni maupun arca kemuncak.

Pemilik tanah Boniran mengaku, menemukan benda-benda purbakala itu saat hendak menanam singkong. Saat mencangkul gundukan tanah itu cangkulnya membentur benda keras sehingga menemukan tumpukan 2 buah batu yang terdapat 3 lubang pada batu itu.

Baca Juga: Benda Purbakala Ditemukan di Tol Trans Jawa

Pemerhati cagar budaya Antok Kartiko mengatakan, gundukan tanah di tengah area sawah tersebut diperkirakan merupakan area tempat suci.  Hal tersebut terlihat dari temuan lingga dan yoni yang merupakan simbol kesuburan. Diduga pada jaman dahulu tempat tersebut dijadikan tempat pemujaan umat Hindu Budha.

Baca Juga:  Tanah Longsor di Madiun Tutup Jalan Desa

Diperkirakan keberadaan bangunan yang berada di tengah sawah tersebut sedikit lebih tua dibandingkan peradaban Situs Ngurawan di Kecamatan Dolopo.

Dalam waktu dekat pihak setempat bakal melayangkan surat kepada Balai Penyelamatan dan Pelestarian Cagar Budaya (BPPCB) Trowulan Mojokerto,  sehingga para arkeolog bisa segera mengadakan penelitian. (*)

Reporter: Eko Prasetyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here