Beranda Peristiwa Atasi Serangan Ulat Bulu, Dinas Pertanian Semprot Insektisida

Atasi Serangan Ulat Bulu, Dinas Pertanian Semprot Insektisida

BERBAGI

Tulungagung, AGTVnews.com – Untuk mengantisipasi agar serangan ulat bulu tidak semakin meluas, warga yang ada di RT 2 DAN 3 RW 17, Dusun Salamrejo, Desa Pulosari, Kecamatan Ngunut, Tulungagung Jawa Timur, bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura setempat, melakukan pembasmian serangan ulat bulu di desa mereka.

Beberapa cara yang digunakan untuk membasmi ulat-ulat ini, warga menebang pohon dan membakar sarang ulat, sementara Dinas Pertanian menyemprotkan insektisida, pada sarang ulat bulu, baik di pohon yang sudah ditebang serta di dinding rumah warga.

Menurut Kepala Desa Pulosari, ulat bulu ini  menyerang pohon bunga kenanga, dan menyebar menyerang tanaman lainnya, disekitar pemukiman warga.  Meski tergolong serangan hebat, namun serangan ulat bulu tidak berdampak pada  kesehatan warga, baik gatal-gatal, maupun ispa.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Hortikultura Tulungagung, Suprapti,  serangan ulat bulu ini, selain di picu karena dampak cuaca pancaroba, dari hujan ke panas, juga akibat nyaris punahnya musuh alami ulat, yakni burung, akibat perburuan liar.

Untuk mengantisipasi, serangan ulat bulu agar tidak meluas, juga dilakukan penyemprotan insektisida terhadap sejumlah tanaman milik warga, di radius 100 meter.

Reporter : Wawan Setyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here