Beranda Ekonomi Bisnis Budidaya Buah Tin Di Lahan Sempit

Budidaya Buah Tin Di Lahan Sempit

BERBAGI

Surabaya – Buah tin saat ini mulai populer di masyarakat Indonesia utamanya umat muslim. Buah asal negara Timur Tengah ini secara khusus disebut dalam sebuah surat pada kitab suci umat Islam. Namun sebagian orang Indonesia diyakini belum banyak mengenal seperti apa pohon dari buah tin.

Meskipun berasal dari daerah tandus Timur Tengah, ternyata buah tin dapat dibudidayakan dengan baik di Indonesia yang memiliki iklim tropis. Hal ini dibuktikan oleh Haji sulis, warga Simorejo Sari 13 Surabaya. Sejak 10 tahun silam Sulis bereksperimen budidaya buah tin di lahan sempit samping rumahnya. Saat ini tumbuhan yang dibudidaya sulis, sudah mencapai lebih dari 70 jenis.

Buah tin diyakini memiliki keistimewaan karena memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Dalam berbagai penelitian disebutkan untuk pengobatan segala macam penyakit seperti diabetes, hipertensi, penyakit dalam, stroke, ginjal dan kanker.

Bila di negara asalnya tumbuhan ini akan berbuah pada musim semi, namun di Indonesia tumbuhan ini tak memiliki musim alias bisa berbuah kapan saja. Hanya saja perlu sedikit perlakuan berbeda agar tanaman ini dapat cepat berbuah.

Diantaranya tanaman ini perlu banyak terkena sinar matahari sehingga harus dihindari menanam di tempat teduh. Tanaman buah tin juga kurang suka tanah yang lembab dengan kadar air yang berlebihan, mengingat di negara asalnya tanaman ini hidup di gurun pasir. Penyiraman hanya dilakukan seminggu sekali pada musim kemarau. Tanaman ini juga sangat mudah dikembangbiakan yakni bisa melalui cangkok, stek batang atau okulasi.

Selama 10 tahun menekuni budidaya buah tin di kebun sempit miliknya, Sulis mengaku sudah mengantongi keuntungan hingga puluhan juta rupiah. Baik itu dari penjualan buah langsung ke konsumen, atau penjualan bibit. (*)

Reporter : Muhammad Rojab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here