Beranda Ekonomi Bisnis Kacamata Kayu Kreasi Mantan Narapidana

Kacamata Kayu Kreasi Mantan Narapidana

BERBAGI

MALANG – Berbekal ketrampilan yang diperoleh dari pelatihan di Lembaga Pemasyarakatan, seorang mantan narapidana warga Kemantren Kecamatan Sukun Kota Malang kini sukses menekuni kerajinan kacamata berbahan kayu. Dia adalah Mario Bennet, yang dulu tersandung kasus narkoba hingga harus dipenjara.

Di bengkel dekat rumahnya, Mario sehari-hari memproduksi kacamata kayu dibantu belasan karyawan yang juga berasal dari beberapa mantan narapidana dan anak jalanan.

Baca juga: Belanja Bibit Tanaman Online Tanpa Ribet

Kacamata kayu saat ini memang sedang tren di kalangan remaja, sebab memiliki ciri khas dan terkesan elegan bagi pemakainya. Seperti diakui Haniati, warga Surabaya ini mengaku memesan 2 buah kacamata kayu model vintage karena unik dan berkelas.

Cara pembuatan kacamata kayu di bengkel Mario masih menggunakan cara manual sederhana. Awalnya dipilih bahan baku dari kayu bekas dan dipotong sesuai ukuran kaca mata yang akan dibuat.

Baca Juga:  Pasta Gigi dari Cangkang Telur Murah Berkhasiat

Kayu kemudian dipanaskan untuk menghasilkan lengkungan dan dibentuk sesuai pola kaca mata. Setelah terbentuk, kayu kemudian dipotong sehingga terbentuk frame kacamata dan dihaluskan dengan mesin.

Selanjutnya membuat engsel kacamata dari rantai bekas. Setelah itu, barulah dipasang gagang dengan tulisan khusus dan kaca, sehingga sebuah kacamatan kayu tercipta.

Kacamata kayu kreasi Mario dijual mulai Rp 400 ribu hingga 500 ribu rupiah per buah. Berbagai model, mulai kacamata baca, fashion hingga kacamata santai bisa didapatkan. Saat ini pesanan kacamatan kau ini datang dari berbagai daeah di Indonesia dan beberapa negara Eropa. (*)

Reporter: Ilmi Zamzam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here