Beranda Tips Trik Limbah Popok Bayi Jadi Media Hidroponik

Limbah Popok Bayi Jadi Media Hidroponik

BERBAGI

LAMONGAN – Banyaknya limbah popok bayi buatan pabrik yang kerap dijumpai di tempat sampah maupun pekarangan rumah menginspirasi 2 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS) Putra-Putri Desa Simo Kecamatan Karanggeneng Lamongan, untuk dijadikan bahan yang bermanfaat.

Kedua siswa tersebut adalah Ahmad Bagus Muzaki dan Danan Jaya Cikal. Siswa kelas 8 ini memanfaatkan limbah popok bayi tersebut menjadi media tanam hidroponik.

Baca Juga: Musim Hujan,Produksi Jamur Naik Berlipat

Ide pembuatan hidroponik dari popok bayi tersebut berawal dari banyaknya limbah popok yang dijumpai di tempat sampah. Dari situlaah kedua siswa tersebut mencoba memanfaatkan popok bayi menjadi media hidroponik.

Menurut Faris Budiono guru pembimbing kedua siswa tersebut, dari uji coba yang telah dilakukan, tanaman yang tumbuh di media hirdoponik bahan popok bayi lebih subur dan tidak membutuhkan pupuk karena kandungan yang ada di dalam popok bayi.

Baca Juga:  Pasta Gigi dari Cangkang Telur Murah Berkhasiat

Cara pembuatan media hidroponik dari bahan popok bayi ini cukup sederhana. Tahap awal, ia menyediakan botol terlebih dahulu, botol ini juga dari limbah kemudian di potong sesuai kebutuhan. Selanjutnya limbah popok bayi di potong menyesuaikan ukuran botol.

Setelah media hidroponik terbentuk, kemudian ditanami biji yang sudah disiapkan. Setelah satu minggu, biji pun sudah tumbuh menjadi tanaman.

Berkat ide kreatif ini, kedua mereka berhasil menyabet juara satu Karya Ilmiah Remaja tingkat Karesidenan tahun ini.

Reporter: Zahra Banatina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here