Beranda Pendidikan Mobil Irit Sapu Angin ITS Siap Berlaga di Singapura

Mobil Irit Sapu Angin ITS Siap Berlaga di Singapura

BERBAGI

Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, bersiap menjadi salah satu wakil Indonesia dalam turnamen balap mobil kelas dunia Shell Eco Marathon, Singapura 16 – 19 Maret. Untuk menghadapi turnamen internasional ini, ITS kembali menurunkan mobil andalannya Sapu Angin generasi sebelas evolution.

Inilah mobil balap Sapu Angin genarasi sebelas karya tangan terampil mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Sapu Angin sebelas evo ini lebih cepat dan handal ditikungan.

Tidak hanya mengacu pada kecepatan, mobil ini juga unggul pada static events dan dynamic events. Meski demikian kewaspadaan ekstra harus tetap diperhatikan karena pada perlombaaan sebelumnya di London, mobil sapu angin ini sempat terbakar.

Untuk mendukung para mahasiswa yang akan berlaga ini, civitas akademi ITS bersama sejumlah alumni dan pejabat Pemprop Jatim melalukan lelang kaos dan replika mobil sapu angin yang telah ditanda tangani Wakil Gubnernur Jawa Timur.

Hasilnya, dalam waktu singkat,  tim sapu angin berhasil mengumpulkan  uang pembinaan sebesar Rp 139 juta. Rencananya seluruh hasil karya teknologi mahasiwa ITS ini akan segara dipatenkan dan diproduksi secara masal.

Selain launching Sapu Angin, mahasiswa ITS juga melakukan tes drive terhadap ketiga jenis mobil karya mereka.  Tes ini sebagai uji irit karena yang dinilai nanti  bukan kecepatan melainkan  iritnya bbm.

Dalam acara ini mahasiswa juga memamerkan sejumlah karya teknologi mereka seperti robot pemadam kebakaran dan robot ichoro, serta kapal SAR mini. Tahun ini tim sapu  menargetkan bisa juara meski harus bersaing dengan tim dari  asia dan eropa, namun mereka optimis menang.(*)

Reporter : Muhammad Rojab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here