Beranda Tips Trik Pasta Gigi dari Cangkang Telur Murah Berkhasiat

Pasta Gigi dari Cangkang Telur Murah Berkhasiat

BERBAGI
Malang – Siapa sangka cangkang telur ayam yang biasa dibuang sebagai limbah dapur, ternyata memiliki manfaat yang besar. Ditangan Rhezaldian Eka Dermawan mahasiswa Teknik Unibraw Malang Jawa Timur, cangkang telur diubah jadi pasta gigi yang berkhasiat. Sebenarnya kreasi pasta gigi dari kulit telur ayam, sudah ia temukan saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas 4 tahun silam.
Namun usai berbagai penelitian dan perbaikan, baru tahun ini kadar pasta gigi sempurna. Ide pembuatan pasta gigi ini bermula dari banyaknya kulit telur di sekitar rumahnya, karena orang tua Rheza merupakan peternak ayam petelor, di kawasan Singosari Malang.
Rasa ingin tahu membuat Rheza mula meneliti cangkang telur ayam dan berhasil membuat pasta gigi pertama kali. Namun saat itu masih banyak kekurangan seperti pasta gigi kasar dan ada bau amis.
Menurut Rhezaldi, usai dilakukan penelitan ulang, pasta gigi buatannya kini lebih sempurna karena lebih halus, serta tidak amis. Selain itu, kadar kalsium lebih tinggi 5.000 ppm, yakni sebesar 27.000 ppm, dibandingkan pasta gigi di pasaran.
Salah satu mahasiswa yang mencoba pasta gigi cangkang telur, Aisyah Fizie menyatakan, kesan pertama mencoba pasta gigi ini adalah tidak ada rasa detergen di mulut. Selain itu, tingginya kalsium pasta gigi membuat giginya terasa ada lapisan sehingga membuat gigi terlindungi.
Untuk membuat pasta gigi ini dibutuhkan bahan berupa kulit telur ayam yang dibersihkan kulit arinya. Cangkang kemudian dihaluskan dan dicampur bahan kimia diantaranya magnesium karbonat, gliserin, perisa pepermint, dan sedikit pewarna. Seluruh bahan tersebut hanya membutuhkan biaya Rp 2 ribu untuk tiap 500 gram cangkang telur.
Saat ini Rheza menunggu keluarnya paten pasta gigi eggxeldent hasil karyanya, yang sudah ia daftarkan 1 tahun silam. Sejumlah pihak sudah menawarkan untuk memproduksi pasta gigi ramah lingkungan ini. (*)

Reporter : Ilmi Zamzam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here