Beranda Pemerintahan Perpustakaan Pemkab Trenggalek Butuh Sumbangan Buku

Perpustakaan Pemkab Trenggalek Butuh Sumbangan Buku

BERBAGI

Trenggalek – Kualitas perpustakaan Kabupaten Trenggalek Jawa Timur sebagai lembaga pelayanan penyedia sumber bacaan masyarakat dirasa belum memadai. Hingga saat ini di perpustakaan milik Pemerintah Kabupaten ini hanya tersedia 15 ribu koleksi buku.

Minimnya jumlah koleksi buku ini mendorong Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Trenggalek membuat terobosan menambah koleksi buku. Caranya dengan meminta sumbangan buku dari masyarakat serta perpustakaan lain yang memiliki koleksi melimpah. Khusus untuk sumbangan buku dari masyarakat program diberi nama jariyah buku.

Menurut Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Trenggalek, Ahmadi, program jariyah buku ini berupa penerimaan sumbangan buku dari masyarakat. Semua buku-buku milik masyarakat bisa disumbangkan ke perpustakaan daerah lalu diseleksi kelayakannya.

Sot : ahmadi/ kepala dinas kearsipan dan perpustakaan trenggalek

Minimnya koleksi buku milik Perpustakaan Trenggalek ini karena terbatasnya anggaran pengadaan buku yang bersumber APBD. Pada tahun 2017 ini, Dinas hanya menerima anggaran sebesar Rp 200 juta.

Koleksi buku yang ada di Perpustakaan Daerah Trenggalek, selain untuk memenuhi pengunjung yang langsung datang, juga untuk memenuhi kebutuhan perpustakaan keliling yang ada di desa-desa. Agar masyarakat yang berada di pelosok tidak perlu jauh-jauh datang ke kota untuk menambah pengetahuan. (*)

Reporter : Firdaus cahyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here