Beranda Peristiwa Inilah Penjelasan Ahli Mengenai Fenomena Sumur Amblas

Inilah Penjelasan Ahli Mengenai Fenomena Sumur Amblas

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Fenomena sejumlah sumur warga di desa Manggis Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri yang amblas, menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi warga. Dari hasil pemeriksaan sementara yang dilakukan BPBD Kabupaten Kediri, ternyata amblasnya sumur ini merupakan kejadian alam langka yang umumnya hanya terjadi di daerah pegunungan kapur.

Menurut Khoirul Huda, kepala pos pengamatan Gunung Kelud saat mendampingi BPBD Kabupaten Kediri melakukan pemeriksaan di lokasi, kejadian ini disebut Sinkhole yang biasanya terjadi pada daerah kapur yang gampang terkena erosi air hujan dan membentuk gua-gua dalam tanah.

“Namun pada daerah Desa Puncu ini, endapan yang terbentuk berasal dari jatuhan pasir hasil erupsi Gunung Kelud, yang belum terikat secara kuat, sehingga menjadi lebih gampang terkena erosi air hujan,” ungkap Khoirul Huda dalam rilis yang disampaikan ke forum BPBD Kabupaten Kediri, Jumat (28/04/2017).

Gejala awal fenomena sinkhole ini, seringnya turun hujan selama dua minggu sebelum kejadian. Sebelum terjadi amblasan, terdengar suara gemuruh di bawah tanah yang akhirnya diikuti amblasnya beberapa sumur. Terakhir tercatat sekitar 64 sumur warga amblas, sementara 25 sumur lainnya juga mulai mengalami penurunan.

Sebelum terjadi amblasan, air sumur yang awalnya bening, berubah menjadi keruh. Dan kejadian ini terjadi di dua dusun yang berderet memanjang sesuai pola aliran mengikuti arah puncak kelud ke arah lereng. “Akibat fenomena ini, tinggi muka air sumur yang sebelumnya 18 meter sekarang menjadi 2-5 meter,” tambah Khoirul Huda.

Pihak BPBD Kediri menyarankan agar proses amblasan dibiarkan saja terjadi untuk mencapai kestabilan baru. Sumur yang airnya telah berubah keruh tidak perlu dikuras, karena dikhawatirkan akan terjadi amblas susulan. Langkah terbaik sumur ditutup atau diurug kembali. Selama proses pengamatan, warga disarankan menggunakan air untuk keperluan sehari-hari dari droping air bersih yang disediakan BPBD Kabupaten Kediri. (*)

Reporter: Tim liputan AGTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here