Beranda Wisata Hiburan Kenalkan Seni Tradisional Melalui Pementasan Ketoprak Cilik

Kenalkan Seni Tradisional Melalui Pementasan Ketoprak Cilik

BERBAGI

Ponorogo –  Kenalkan kesenian tradisonal kepada generasi muda, sejumlah siswa smp di Ponorogo pentaskan ketoprak cilik.  Para siswa SMP Negeri 1 Babadan, Ponorogo ini dengan luwes dan terampil mementaskan ketoprak dengan lakon Niken Gandini Muspiko Suru Gubeg, meski masih bocah, namun mereka tidak kalah dengan para seniman  ketoprak profesional.  Tidak hanya menari para bocah ini juga harus melakonkan dialog dalam bahasa jawa.

Menurut panitia kegiatan pementasan, Tjahjani Budiastuti, para pemain ketoprak cilik ini merupakan siswa kelas 9 dan  hanya berlatih satu setengah bulan sebelum pementasan.  Penampilan mereka ini merupakan aplikasi pembelajaran mata pelajaran seni budaya dan bahasa jawa, selain itu juga sebagai bentuk pengenalan dan pelestarian seni budaya jawa.

Baca Juga:  Komunitas Pecinta Batu Akik Gelar Kontes Tingkat Nasional

Sementara itu menurut Kepala Sekolah SMP negeri 1 Babadan,  Sindu Parwoto, pihak sekolah mengadakan kegiatan ini, sebagai salah satu wadah bagi para siswa-siswi yang mempunyai bakat serta untuk mengasah kreatifitas mereka .

Diharapkan dengan kegiatan seperti ini, kesenian tradisional jawa bisa terus lestari dan para generasi muda pun mengenal dan ikut melestarikannya.  (*)

Reporter : Dinar Putra Perdana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here