Beranda Ekonomi Bisnis Melon Tuban Diserang Hama Jamur Trotol

Melon Tuban Diserang Hama Jamur Trotol

BERBAGI

Tuban – Tingginya curah hujan sepekan terakhir membuat resah petani melon di Desa Tasikharjo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur. Tanaman melon yang telah dirawat susah payah dan hampir memasuki masa panen diserang hama jamur trotol. Hama tersebut menyebabkan daun melon kering dan buahnya menjadi kerdil.

Puluhan hektar lahan pertanian buah melon milik petani Tasikharjo ini diperkirakan akan segera panen sekitar 15 hari kedepan. Namun sejak beberapa hari terakhir, kegembiraan para petani terusik dengan munculnya hama trotol. Penyakit tanaman berwujud jamur ini menyerang tanaman melon. Akibatnya daun tanaman melon mengering cepat dan buahnya tidak bisa tumbuh optimal, alias kerdil.

Serangan hama jamur trotol dipicu tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah sekitar. Untuk mencegah hama trotol semakin menyebar, petani terpaksa harus melakukan perawatan ekstra. Daun yang telah terinveksi segera harus dipotong, karena hanya dalam sehari saja bisa menyebar ke bagian lain.

Menurut petani melon asal Tasikharjo Warjono, bila terlambat melakukan penanganan, jamur trotol bisa membuat tanaman melon mati. Bahkan jika mampu bertahan hidup, tanaman hanya akan menghasilkan buah-buah melon berukuran kerdil. Selain melakukan pemotongan daun, upaya penyemprotan obat anti virus juga perlu dilakukan untuk membunuh hama.

Panen raya buah melon recananya akan dilakukan para petani Desa Tasikharjo sekitar lima belas hari lagi. Mereka berharap selama sisa waktu ini tanaman yang telah dirawat mampu bertahan. Sebab dari 2 ribu bibit yang ditanam sudah banyak yang mati mengering. (*)

Reporter : Zahra Banatina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here