Beranda Tips Trik Miniatur Barongan dari Tongkat Pramuka Karya Siswa SMK

Miniatur Barongan dari Tongkat Pramuka Karya Siswa SMK

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Seorang pelajar kelas 11 sebuah SMK di Tulungagung, Yulfa Nur Amanudin, mampu mengubah tongkat pramuka menjadi sebuah kerajinan miniatur Barongan. Diameter miniatur ini sekitar 2 cm, namun diukir Yulfa secara detail menyerupai barongan asli yang memiliki diameter 50 cm.

Apa yang dilakukan Yulfa ini berawal dari rasa cintanya terhadap kesenian barongan. Untuk membuat miniatur ini, diperlukan tongkat pramuka yang lurus, kemudian diukur panjangnya sesuai keperluan, dan digambar pola serta diukir hanya menggunakan pisau cutter saja.

Dibutuhkan ketelitian dalam proses pengukiran ini, karena bila terdapat kesalahan, maka harus diulang dari awal. Agar hasil yang diperoleh maksimal, Yulfan memakai cat mobil sebagai bahan pewarna, selain warnanya yang mengkilap, cat mobil lebih cepat kering dibandingkan cat kayu. Untuk pembuatan satu barongan dibutuhkan waktu hingga tiga hari.

Baca Juga:  Kejaksaan Tulunggagung Tahan Pengurus KUD Sri Wigati

Kerajinan ini mulai ditekuni Yulfan sejak setahun terakhir ini, berawal dari coba-coba membuat miniatur dari styrofoam dan ternyata hasilnya memuaskan. Yulfan memilih tongkat pramuka karena selain awet, kayu ini lunak dan gampang diukir dengan pisau cutter.

Untuk pemasaran, siswa dari konstruksi kayu ini menggunakan media sosial facebook, dengan harga yang dibandrol Rp 180 ribu, miniatur ini ternyata sangat diminati. Karya Yulfan mulai merambah beberapa kota besar di Indonesia seperti Batam dan Palangkaraya, dan uang hasil penjualan ini digunakan Yulfan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keluarganya.

Yulfa mengaku kewalahan memenuhi pesanan yang datang, karena bingung membagi jadwal antara pekerjaan dan sekolah. Rata-rata dalam satu bulan Yulfa mampu menyelesaikan 7 pesanan miniatur yang mayoritas berasal dari pulau Jawa.(*)

Reporter : Wawan Setyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here