Beranda Wisata Hiburan Pawai Ogoh-ogoh Rayakan Hari Raya Nyepi

Pawai Ogoh-ogoh Rayakan Hari Raya Nyepi

BERBAGI

Kediri РRibuan umat Hindu Dharma dari berbagai daerah berkumpul di kawasan simpang 4 Garuda Kecamatan Pare Kabupaten Kediri jelang perayaan Hari Raya Nyepi. Para umat Hindu yang tergabung dalam Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Kediri, sebelumnya  melakukan doa dan upacara melasti untuk meminta keselamatan dan kesejahteraan serta kerukunan.

Sesuai keyakinannya, para umat Hindu memiliki hubungan Tri Cakarana yakni hubungan utama dengan tuhan Yang Maha Esa, kemudian hubungan samping dengan sesama manusia, kemudian yang terakhir adalah hubungan ke bawah dengan makhluk butakala yang digambarkan melalui patung ogoh-ogoh tersebut.

Usai membaca doa dalam upacara Melasti, para umat Hindu ini memercikan air suci pada para patung ogoh-ogoh sebelum diarak. Kemudian puluhan patung ogoh-ogoh diarak mengelilingi simpang 4 garuda diiringi tarian dan gamelan .

Menurut Ketua PHDI Kabupaten Kediri Kadek Astrawan, kegiatan ini rutin digelar tiap tahun pada perayaan Hari Raya Nyepi. Sementara perayaan kali ini memiliki arti kerukunan dan kesejahteraan warga dalam berbangsa Indonesia maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Pawai ogoh-ogoh ini juga menyedot antusiasme warga untuk melihat langsung. Ribuan warga di Kabupaten Kediri juga datang ke lokasi. Selain bertoleransi antar umat beragama, warga juga senang dapat terhibur dengan pertunjukan tersebut.

Usai diarak berkeliling, patung ogoh-ogoh tersebut akan dibawa kembali ke desa masing-masing untuk dibakar malam jelang nyepi. (*)

Tim Liputan AGTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here