Beranda Pendidikan Pelajari Sejarah Leluhur Melalui Aksara Jawa Kuno

Pelajari Sejarah Leluhur Melalui Aksara Jawa Kuno

BERBAGI

Tulungagung – Sejumlah warga Tulungagung beramai- ramai pelajari aksara jawa kuno untuk mempelajari sejarah leluhur. Belasan warga Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Tulungagung Jawa Timur, yang tergabung dalam komunitas Asta Gayatri dengan semangat mempelajari aksara jawa kuno baik itu cara baca maupun penulisan di belakang pos pendakian Gunung Budheg ..

Menurut salah satu anggota komunitas Asta Gayatri, Heru Susanto, dalam perkembangannya aksara jawa mengalami tiga kali perubahan diantaranya Aksara Palawa yang digunakan pada abad ke-4 hingga 7 masehi. Pada abad ke-8 hingga 15 masehi berkembang ke aksara jawa kuno dan pada abad ke-17 masehi hingga sekarang berupa aksara jawa modern.

Sementara menurut pemateri aksara jawa kuno ini, Aang Pambudi Nugroho, aksara jawa kuno sebenarnya lebih sederhana bila dibandingkan dengan aksara jawa modern. Setelah tiga kali pertemuan, peserta rata-rata sudah mampu membaca aksara jawa kuno.

Meski mereka nanti mampu membaca aksara jawa pada prasasti maupun naskah jawa kuno, namun hal yang paling menyulitkan adalah menerjemahkan isi prasasti, karena banyaknya kosakata asing dan sulit diterjemahkan ke bahasa jawa saat ini.

Reporter : Wawan Setyawan.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here