Beranda Pendidikan Pondok Pesantren Identik Dengan Kumuh, RMI Prihatin

Pondok Pesantren Identik Dengan Kumuh, RMI Prihatin

BERBAGI

Trenggalek – Untuk menepis kesan pesantren identik dengan kekumuhan, Komunitas Pondok Pesantren Nahdlatul Ulama atau Robithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Jawa Timur mengkapanyekan pola hidup sehat di Pondok Pesantren Darisulaimaniyah Desa Kamulan Kabupaten Trenggalek.

Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian langsung RMI bagi ponpes dan masyarakat luas. Dalam kegiatan ini RMI bekerja sama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesiaku (YBSI) dan Djarum Foundation.

Kegiatan layanan kesehatan ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi kasus-kasus penyakit di lingkungan santri sekaligus melakukan penanganan pengobatan.

Menurut ketua cabang RMI Trenggalek Nur Rochim, kegiatan amal oleh pihak swasta seperti ini sangat dirasakan manfaatnya oleh santri maupun masyarakat sekitar pesantren. Ke depan RMI berharap dapat mengembalikan citra pesantren sebagai salah satu sumber segala kebersihan sebagaimana pernah diajarkan nabi Muhammad.

Baca Juga:  Robot Transformer Milik Basarnas Bisa Naik Tebing

Sementara itu ketua tim medis YBSI Dokter Isnindarsyah mengungkapkan mayoritas santri dan masyarakat lingkungan pesantren bermasalah dalam hal kesehatan kulit, gangguan mata-telinga, alergi, serta rentan penyakit influenza. Hal ini disebabkan pola hidup yang kurang sehat sehingga mudah tertular penyakit.

Dengan aksi sosial berupa pendataan, pelayanan kesehatan dasar, serta pendidikan tentang pemeliharaan kebersihan lingkungan dan kesehatan diharapkan apat meningkatkan standar kesehatan di pondok pesantren dan warga sekitanya. (*)

Reporter : Firdaus Cahyono.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here