Beranda Wisata Hiburan Ritual Sambut Panen, Petani Glinggang Arak arakan Tumpeng

Ritual Sambut Panen, Petani Glinggang Arak arakan Tumpeng

BERBAGI

Ponorogo – Sambut musim panen ratusan petani di Desa Glinggang Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, menggelar ritual petik padi. Dimana dalam ritual peninggalan nenek moyang ini, seluruh petani dan pemilik sawah mengarak tumpeng dan dimakan bersama sama di area persawahan.

Ritual digelar seminggu jelang panen raya padi, dengan cara membawa tumpeng berisikan ayam dan nasi buceng. Bahkan tumpeng yang dibawa warga jumlahnya mencapai 200 buah.

Prosesi ritual petik padi diawali dengan mengarak tumpeng milik petani keliling desa dan area persawahan. Baru setelah prosesi kirab selesai, seluruh tumpeng dikumpulkan di pematang sawah hingga dilanjutkan doa.

Sebelum akhir prosesi ritual, para petani duduk mengelilingi tumpeng dipematang sawah sembari menyanyikan tembang jawa. Mereka meyakini jika nembang dipematang sawah maka Dewi Sri sebagai lambang dewi padi, akan merasa senang dan memberikan tanaman padi yang subur dengan hasil yang berlimpah.

Menurut Kepala Desa Glinggang, Riyanto, pihak desa mengaku sengaja menggelar kembali tradisi seperti ini untuk nguri-nguri budaya peninggalan nenek moyang, sekaligus sebagai wujud syukur kepada yang Kuasa karena para petani di desa ini diberikan tanah yang subur sehingga tanam padi tumbuh dengan baik.

Sementara proses panen tanaman padi sendiri baru dilakukan satu minggu pasca ritual petik padi berlangsung. Tradisi ini akan terus dilakukan oleh petani sekaligus menjadi agenda budaya serta pariwisata Desa Glinggang.

Reporter : Dinar Putra Perdana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here