Beranda Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus Ikuti UN Meski Kesulitan

Siswa Berkebutuhan Khusus Ikuti UN Meski Kesulitan

BERBAGI

Tulungagung –  Meski mengalami keterbatasan fisik namun sejumlah siswa berkebutuhan khusus di Tulungagung Jawa Timur ini tetap antusias ikuti ujian nasional. Namun tidak seperti pelaksanaan ujian nasional di sekolah umum yang menggunakan sistem komputerisasi, para siswa berkebutuhan khusus ini menggunakan sistem manual.

Secara keseluruhan ada 8 siswa berkebutuhan khusus yang mengikuti ujian ini. 7 siswa penyandang tuna rungu dan 1 siswa penyandang tunanetra. Ujian ini digelar di dua lembaga sekolah.

Sementara itu di SMA LB Bintara terdapat 5 siswa yang mengikuti ujian  nasional, 4 diantaranya  penyandang tuna rungu, sementara 1 siswa penyandang tunanetra.

Bagi peserta ujian tunanetra mendapat perlakuan khusus dengan adanya pendamping  ujian untuk menterjemahkan soal.

Menurut Kepala Sekolah SMA LB Bintara, Hari Karyani, untuk siswa berkebutuhan khusus terkendala dengan adanya pemahaman bahasa, untuk itu jauh-jauh hari pihak sekolah sudah menyiapkan para siswa dengan menggelar latihan ujian serta penambahan jam materi oleh guru pengajar masing-masing.

Sementara itu, menurut salah seorang peserta ujian, penyandang tunanetra, Wahyu Dwi Setiawan, tidak menemukan kendala yang berarti dalam ujian nasional.

Adanya pendamping  yang membantu dan mengarahkan serta menterjemahkan soal  dengan huruf braille cukup membantu siswa. Diharapkan dengan pelaksanaan ujian nasional ini, para siswa bisa lulus 100 persen.

Reporter : Wawan Setyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here