Beranda Tips Trik Sukses Budidaya Melon, Kakek Nenek Raup Omset Puluhan Juta

Sukses Budidaya Melon, Kakek Nenek Raup Omset Puluhan Juta

BERBAGI

Tuban – Sukses membudidayakan buah melon jenis action, sepasang kakek nenek di Tuban raup keuntungan hingga puluhan juta perbulannya. Meski sudah di usia senja namun pasangan kakek dan nenek, Parno (73 tahun) dan Tapik (69 tahun) tetap ulet dan gigih menekuni profesi mereka sebagai petani.

Jerih payah mereka terbayar dengan kesuksesan dalam budidaya melon action, bahkan keuntungan yang diperoleh hingga puluhan juta rupiah.

Dengan memanfatkan petak sawah dengan luas 300m persegi, yang dikelola secara turun temurun ternyata tanaman melon action mereka tumbuh subur dan menghasilkan panen melimpah. Rata-rata dalam sekali panen, bisa menghasilkan 6 hingga 7 ton melon dengan harga Rp. 5.500/kg dan untuk sekali panen keuntungan yang diraup berkisar Rp. 35.000.000,00.

Namun kesuksesan ini bukan tanpa kegagalan, awalnya pasangan ini merupakan petani tanaman padi namun seringkali mereka terpaksa gigit jari karena padi mereka gagal panen akibat puso, serangan hama wereng dan terjangan banjir.

Akhirnya mereka beralih ke budidaya melon ini, namun juga bukan tanpa gagal awal bertani melon, mereka gagal panen akibat curah hujan yang tinggi dan serangan hama.

Namun mereka tetap gigih untuk terus mencoba, hingga pada musim kedua masa tanam melon ini diperoleh hasil yang memuaskan sehingga keuntungan yang diperoleh melimpah, bahkan hasilnya bisa tiga kali lipat daripada menanam padi.

Meski terbilang sukses kakek Parno dan nenek Tapik berharap, kesuksesan ini bisa menginspirasi dan memberi semangat kepada generasi muda.

Selain itu, mereka berharap akan muncul beragam varietas melon jenis baru yang lebih kebal dan tahan terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga lebih menguntungkan bagi para petani. (*)

Reporter : Zahra Banatina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here