Beranda Wisata Hiburan Asyiknya Ngabuburit di Menara Masjid Al Akbar Surabaya

Asyiknya Ngabuburit di Menara Masjid Al Akbar Surabaya

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Waktu yang menyenangkan saat menjalankan ibadah puasa, adalah saat menantikan bedug maghrib, pertanda tiba waktunya berbuka. Saat menunggu berbuka atau lebih dikenal dengan istilah ngabuburit akan terasa lebih asyik digunakan untuk mendatangi tempat favorit ataupun tempat wisata.

Seperti yang ada di kota Surabaya ini. Sebagian umat muslim memilih menghabiskan waktu menunggu seruan adzan maghrib dengan berwisata di menara Masjid Al Akbar. Dari ketinggian 99 meter ini warga bisa menikmati keindahan kota Pahlawan menjelang senja. Selain menikmati keindahan kota, warga juga bisa menikmati indahnya bangunan masjid Al-Akbar Surabaya.

Melakukan ibadah sekaligus berwisata merupakan suasana yang disajikan di komplek masjid ini. Cukup dengan merogoh kocek sebesar Rp 2 ribu saja, anda sudah dapat masuk ke dalam menara setinggi 99 meter ini. Untuk mencapai puncak, wisatawan menggunakan lift yang hanya cukup ditumpangi 5 orang saja, sehingga pengunjung yang datang harus bergantian.

Selain menikmati pemandangan kota Pahlawan menjelang senja, pengunjung juga bisa memanfaatkan menara kubah masjid ini untuk berswafoto bersama keluarga.

Menurut salah satu pengunjung wisata menara Masjid Al Akbar, Maria Chandra, menyenangkan bisa melihat pemandangan kota Surabaya dari tempat yang tinggi karena bisa mengetahui landscape kota Surabaya dengan jelas. Meski tinggi namun hal itu tidak menakutkan.

“Senang sekali bisa melihat pemandangan dari tempat yang tinggi. Saya menunggu waktu berbuka sambil melihat pemandangan disini dan nanti dilanjutkan dengan shalat tarawih di masjid Al Akbar ini,” kata Maria Chandra.

Sementara itu menurut pengelola masjid Al Akbar, Suhartono, antusias pengunjung untuk berwisata di menara ini cukup tinggi saat hari libur. Dalam satu hari bisa mencapai 1.000 pengunujung.

“Tinggi menara 99 meter dan lebar gardu pandang 62 m, menjadikan menara ini sebagai destinasi wisata yang ramai dikunjungi terutama saat hari libur. Dibuka dari pukul 05.30 WIb sampai pukul 16.30 WIB pengunjung yang datang bisa mencapai seribu orang,” terang Suhartono.

Wisata menara masjid Al Akbar ini diresmikan pada tahun 1999, dan setiap tahun terutama di bulan Ramadhan, tempat ini menjadi tujuan wisata favorit bagi warga di sekitaran Surabaya.(*)

Reporter: Muhamad Rojab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here