Beranda Pemerintahan Diindikasi Sebabkan Pencemaran, Petugas Investigasi Pabrik

Diindikasi Sebabkan Pencemaran, Petugas Investigasi Pabrik

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Adanya dugaan pencemaran lingkungan dari pabrik pengolahan gula merah di desa Gambar Anyar Kecamatan Sumberasri Kabupaten Blitar Jawa Timur, yang meresahkan warga setempat. Akhirnya petugas gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kepolisian Resort Blitar melakukan investigasi di lokasi pabrik. Dalam pemeriksaan ini, petugas gabungan melihat secara langsung proses pembuatan gula merah dengan bahan baku tebu. Petugas secara teliti melihat dan mengecek setiap proses dari awal, tebu gelondongan hingga akhir limbah yang dihasilkan.

Dari hasil investigasi yang dilakukan, menurut Kabid Pengawasan Dampak Lingkungan DLH Kab. Blitar, Hermawan, pabrik pengolahan gula ini layak dan tidak menimbulkan polusi. Asap yang keluar dari cerobong hanya sedikit dan mesin tidak terlalu mengeluarkan suara terlalu bising. Petugas hanya menyarankan legalitas perijinan usaha dan meminta pihak pabrik untuk segera melengkapi ijin usaha dan menanami pohon disekitar pabrik untuk meminimalisir dampak polusi udara dari hasi pengolahan produksi gula merah ini.

Sementara itu, pihak pabrik membantah bila pabrik gula yang berdiri 3 bulan lalu ini menimbulkan keresahan warga. Menurut direktur pengelola pabrik gula merah, Ketut Arta, justru dengan adanya pabrik gula ini akan membantu mengangkat erekonomian warga sekitar pabrik. Untuk perijinan, pihak pabrik akan mengikuti prosedur hukum yang berlaku dan akan segera mengurus kelengkapan ijin usaha.

Hasil limbah olahan gula merah ini oleh pihak pabrik langsung dijadikan bahan bakar untuk memasak, sementara endapan tebu digunakan untuk kompos bagi warga sekitar untuk tanaman di sekitar perkebunan. Setiap harinya pabrik ini menghasilkan satu setengah ton gula merah produksi.

Reporter : Didik Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here