Beranda Pemerintahan Pemerintah Siapkan 52 M Untuk Bangun Jembatan Ngadiluwih

Pemerintah Siapkan 52 M Untuk Bangun Jembatan Ngadiluwih

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Pembangunan jembatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang menghubungkan antara kecamatan Ngadiluwih di timur sungai Brantas dan Kecamatan Mojo di bagian barat akhirnya terealisasi. Sejak diusulkan 10 tahun silam oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, jembatan baru harapan masyarakat Kediri ini dapat terwujud di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Terealisasinya pembangunan jembatan Ngadiluwih ini tak luput dari peran penting  Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Pramono Anung, yang secara langsung mengusulkan kepada Presiden RI Joko Widodo. Usulan tersebut langsung ditindak lanjuti oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono.

Kedua tokoh yang dikenal sangat dekat dengan Presiden Joko Widodo ini menghadiri secara langsung ground breaking (pemasangan tiang pancang) jembatan Ngadiluwih pada Senin, 15 Mei 2017. Hadir dalam acara tersebut Bupati Kediri Haryanti Sutrisno dan sejumlah pejabat di Kabupaten Kediri. [Baca selanjutnya: Update Jadwal Golden Kediri]

Menurut Sekretaris Kabinet Pramono Anung, pembangunan jembatan Ngadiluwih ini merupakan salah satu upaya mendukung agenda prioritas dari Nawa Cita, yaitu percepatan pembangunan infrastruktur yang komprehensif, menciptakan konektivitas dan mendorong pertumbuhan perekonomian.

Data yang diperoleh dari Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Kediri, jembatan Ngadiluwih – Mojo akan dibangun dengan panjang 182 meter dan lebar 9 meter. Dibangun di atas derasnya sungai Brantas dengan menggunakan dana APBN sebesar Rp 32,77 miliar. Sedangkan kementerian PUPR menyediakan rangka jembatan dengan nilai Rp 20 miliar.

Pembangunan proyek ini dikerjakan oleh PT. Dwi Mulyo Lestari sebagai penyedia jasa dan PT. Aria Jasa Reksa Tama, direncanakan selesai pada akhir tahun 2017.

Pembangunan jembatan Ngadiluwih ini akan memberikan banyak manfaat untuk peningkatan transportasi jaringan jalan menuju ke rencana jalan strategis nasional Selingkar Wilis, dan akan berdampak secara signifikan bagi pertumbuhan ekonomi lokal maupun regional. (*)

Adv.Dinas Kominfo Kabupaten Kediri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here