Beranda Pemerintahan Pemkab Blitar Dituding Ceroboh Urus Pembangunan Pabrik Gula Rejoso

Pemkab Blitar Dituding Ceroboh Urus Pembangunan Pabrik Gula Rejoso

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar dituding ceroboh dalam menerbitkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pabrik gula PT Rejoso Manis Indo (RMI) di Desa Rejoso Kecamatan Binangun Kabupaten Blitar. Pasalnya penerbitan IMB dinilai tidak prosedural dari bawah sehingga menimbulkan konflik di masyarakat.

Tudingan tidak sedap tersebut disampaikan anggota DPRD Komisi A DPRD Kabupaten Blitar Wasis Kunto Atmojo, Selasa (23/05/2017). Pernyataan tersebut disampaikan setelah pihak DPRD Kabupaten Blitar melakukan investigasi langsung ke lapangan dan menemui warga setempat terkait pendirian pabrik gula PT RMI.

Berbekal investigasi tersebut, saat ini warga yang merasa dirugikan yang diwakili oleh kepala desa bersama perwakilan dari DPRD Kabupaten Blitar akan melakukan upaya hukum untuk memperjuangkan hak mereka. Mereka memilih membawa kasus penerbitan IMB yang dianggap ilegal dan tidak prosedural tersebut ke ranah hukum.

Wasis menyayangkan Pemkab Blitar ceroboh dalam penerbitan IMB tanpa prosedur yang benar. Sehingga pihaknya akan segera meminta klarifikasi ke Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Blitar, terkait terbitnya IMB tersebut.

Menurut Kepala Desa Rejoso Wawan Aprilianto, pihak desa selama ini tidak pernah dilibatkan dalam mekanisme pengurusan IMB tersebut alias potong kompas. Sehingga di lapangan menimbulkan konflik di masyarakat.

Proses pengalihan fungsi lahan untuk pabrik, hingga kini juga belum selesai. Data di pemerintah desa total lokasi PT RMI sebesar 25 hektar namun kenyataanya yang dibebaskan masih 17,2 hektar yang juga mencaplok tanah jalan desa. (*)

Berita lain : Harga Kubah Galvalum

Reporter: Didik Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here