Beranda Pendidikan Pengukuhan Guru Besar KH Maruf Amin Dihadiri Presiden Jokowi

Pengukuhan Guru Besar KH Maruf Amin Dihadiri Presiden Jokowi

BERBAGI

 

AGTVNEWS.com – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat KH Maruf Amin dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang hukum dan ekonomi Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Rabu siang (24/05/2017). Prosesi pengukuhan terasa istimewa karena dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Selain menghadiri prosesi pengukuhan, Presiden Joko Widodo juga memberikan ucapan selamat atas pengukuhan KH Maruf Amin sebagai guru besar. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo tidak memberikan sambutan.

Penganugerahan gelar profesor bidang hukum ekonomi Islam kepada Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini diberikan dalam rangka meningkatkan pengembangan akademik dan peningkatan sumber daya manusia.

Pihak UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memandang bahwa KH Maruf Amin adalah sosok yang memiliki keilmuan, komitmen dan dedikasi tinggi untuk mengabdikan dirinya sebagai tokoh yang secara konsisten berjuang memberikan pencerahan sebagai ulama.

Dalam orasi ilmiah yang disampaikan dihadapan ratusan civitas akademika UIN Maulana Malik Ibrahim malang, KH Maruf Amin memaparkan potensi umat Islam untuk membangun perekonomian secara mandiri di Indonesia. Apalagi saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi masuk dalam 5 besar dunia.

Usai menerima gelar Guru Besar Kehormatan ini, KH Maruf Amin mengaku sangat berterima kasih. Selama ini kyai kelahiran Tangerang 73 tahun silam ini lebih fokus mengabdi di bidang ilmu agama. Dengan pengukuhan Guru Besar bidang Hukum dan Ekonomi Islam ini, dirinya berharap dapat bermanfaat lebih luas lagi.

Seperti diketahui, kehadiran Presiden Joko Widodo pada acara ini merupakan satu rangkaian dari sejumlah agenda di Kota Malang. Sebelumnya Presiden Jokowi hadir di kantor Dinas Pendidikan Kota Malang untuk memberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kepada seribu siswa dan selanjutnya akan hadir pada pemberian sertifikat gratis kepada sedikitnya 10 ribu warga di lapangan Rampal Kota Malang. (*)

Reporter: Ilmi Zamzam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here