Beranda Peristiwa Puluhan Warga Blitar Keracunan Dawet

Puluhan Warga Blitar Keracunan Dawet

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Sebanyak 42 warga desa Ngrendeng Kecamatan Selorejo Kabupaten Blitar Jawa Timur mengalami keracunan massal setelah minum es dawet Gempol yang dijual pedagang di pasar desa setempat.

Selain pusing, para korban juga merasakan mual-mual dan sering buang air besar. Hingga Selasa siang (09/05/2017) masih ada 12 orang korban keracunan yang dirawat di Puskesmas Boro kecamatan Selorejo.

Menurut salah satu korban keracunan, Suratno, dirinya mengalami tanda-tanda keracunan usai meminum es dawet Gempol yang dijual seorang pedagang di pasar dadakan di desanya. Saat meminum es dawet tersebut, dirinya tidak merasakan hal aneh baik rasa maupun aromanya.

Sementara itu menurut Kepala Puskesmas Boro, dr Yudi Winarto, pihaknya menerima 42 pasien dengan tanda-tanda keracunan seperti mual, muntah dan diare terus-menerus. Sebanyak 12 pasien saat ini masih harus menjalani rawat inap karena kondisinya mengkhawatirkan.

Pantauan dari reporter AGTVNEWS.com, dari 12 korban yang kini sedang dirawat, tujuh orang diantaranya merupakan satu keluarga.

Untuk memastikan penyebab terjadinya keracunan massal tersebut, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar telah mengirim sample minuman es dawet untuk dilakukan uji laboratorium di Surabaya. (*)

Reporter: Didik Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here