Beranda Wisata Hiburan Serunya Pesantren Kilat Dengan Dolanan Tempo Dulu

Serunya Pesantren Kilat Dengan Dolanan Tempo Dulu

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Bulan puasa seringkali siswa–siswa di sekolah diisi dengan kegiatan pesantren kilat. Kegiatan ini agar para siswa lebih banyak menghabiskan waktu berpuasa dengan ibadah dan belajar ilmu agama. Namun seringkali kegiatan ini justru menjadi momok bagi para siswa.

Berbeda dengan pesantren kilat Supercamp, sekolah alam Bumi Langit Ponorogo Jawa Timur. Pada pesantren kilat ini anak-anak justru senang dan gembira mengikuti semua kegiatan pesantren kilat.

Sejumlah santri dari berbagai daerah di sekitar Ponorogo hingga Jawa Tengah ini tidak hanya diajarkan mengaji saja namun mereka juga dikenalkan dengan permainan tempo dulu.  Semua kegiatan yang dilakukan di pesantren kilat ini tidak hanya di dalam ruangan kelas, namun bocah-bocah ini diajak bermain di alam terbuka. Kondisi ini untuk mensiasati agar para siswa tidak bosan mengikuti pesantren kilat.

Menurut pemilik dan pengasuh supercamp sekolah alam, Ivan Rahmawan Arifin,  kegiatan supercamp ini merupakan kegiatan alternatif hiburan pada liburan sekolah saat bulan ramadhan.
“ Biasanya pesantren kilat itu identik dengan kegiatan agama. Namun pada super camp ini, kesan itu dirubah dengan belajar dialam terbuka dan bermain permainan tempo dulu. “ tutur Iva.

Sementara menurut salah satu santriwati, Hanan, dirinya merasa senang bisa mengikuti pesantren kilat karena bisa bermain bersama teman-temannya dan bisa memainkan permainan tempo dulu.

Beberapa permainan tempo dulu yang dikenalkan dan dilakukan para santri di pesantren kilat ini seperti, permainan engkleng. Diharapkan dengan adanya pesantren unik ini anak-anak akan senang dan mau mengikuti kegiatan pesantren. Selain tidak membosankan pembelajaran yang diberikan juga bisa diterima dengan baik.

Reporter : Dinar Putra Perdana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here