Beranda Peristiwa Jalur Alternatif Tol Mantingan Kertosono Belum Siap Digunakan

Jalur Alternatif Tol Mantingan Kertosono Belum Siap Digunakan

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Menjelang arus mudik, sejumlah penggarapan jalan dikebut pengerjaannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan kemudahan bagi warga yang akan melakukan mudik. Salah satunya adalah pengerjaan jalur Tol Mantingan-Kertosono (Mangker) namun ternyata hal ini juga belum bisa terealisasi.

Jalur alternatif bebas hambatan ini dimaksudkan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di area Saradan Jawa timur. Namun ternyata pengoperasionalan jalur ini masih belum final, bahkan dari panjang jalur alternatif  yang rencananya akan digunakan sepanjang 18 kilometer dari Desa Purworejo menuju Desa Petung Saradan, kini menyusut menjadi 15 kilometer saja.

Menurut Pimpro Proyek NKJ Paket III, Charles Lendra, sebelumnya direncanakan titik keluar kendaraan dari arah barat akan ditempatkan di ringroad Pajaran desa Petung, tepat di perbatasan Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Madiun. Namun ternyata di tengah pengerjaan, ditemukan adanya sumber mata air. Mata air ini terletak tepat di timur waduk Widas.

Baca Juga:  KPH Madiun Catat Lereng Wilis Rentan Longsor

Adanya temuan ini, pelaksana proyek urung menggarap, karena bila dipaksakan dipastikan jalan akan mudah ambles. “Saat penggalian ditemukan adanya lapisan pasir, yang dibawahnya ada mata air yang mengalir. Perlu ada treatment khusus dengan temuan ini. Nanti kalo bisa kita gunakan subdraine atau kalau masih belum bisa kita ambil alternatif jalur ini keluar di Petung,” ungkap Charles.

Rencananya kendaraan pemudik akan keluar dari jalan tol menuju jalan arteri nasional di ruas Kali Kunci, di sebelah timur pos polisi Lemahbang. Dipastikan kendaraan ini sudah melewati dua perlintasan kereta api Kaligunting dan Lemahbang, sehingga sedikit bisa mengurai kemacetan. (*)

Reporter : Eko Prasetyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here