Beranda Wisata Hiburan Masjid Perut Bumi di Tuban Ramai Dikunjungi Pemudik

Masjid Perut Bumi di Tuban Ramai Dikunjungi Pemudik

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Masjid pada umumnya dibangun megah di atas permukaan tanah, namun di Tuban Jawa Timur ada masjid yang dibangun di dalam goa bawah tanah. Itulah masjid Perut Bumi Tuban yang dibangun didalam perut bumi sedalam 20 meter.

Masjid unik yang menjadi salah satu tujuan wisata religi umat muslim ini terletak di Kelurahan Gedongombo Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban. Sesuai namanya, bangunan masjid ini berada di dalam perut bumi, tepatnya di dalam goa bawah tanah. Namun pengunjung tidak perlu khawatir terjadi longsor, sebab dinding dan atap gua telah diperkuat dengan beton, sehingga mampu menopang beban di atasnya.

Untuk menghilangkan kesan seram, pengurus masjid menghias dinding goa dengan berbagai kaligrafi dan hiasan berbahan batu marmer. Beberapa lampu warna-warni juga dipasang pada sudut dan atap gua, sehingga menambah indah pemandangan dalam perut bumi.

Hampir setiap hari masjid bawah tanah ini tidak pernah sepi pengunjung. Tak hanya berasal dari wilayah Tuban, pengunjung juga datang dari seluruh penjuru tanah air seperti Jakarta, Banten, Madura, Sumatera, hingga Sulawesi. Mereka biasanya merupakan rombongan jamaah wisata religi.

Selain berdoa dan istigosah bersama, pengunjung juga bisa swafoto bareng keluarga. Terdapat beberapa tempat indah untuk dijadikan spot berfoto. Mereka yang datang pun, takjub dengan keindahan gua ini.

Muhammad Zarkasyi, salah satu pengurus masjid Perut Bumi menceritakan, lokasi berdirinya masjid ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah. Pada tahun 2002, seorang ulama bernama Kiai Subkhan membersihkan tumpukan sampah yang menutupi lubang gua.

“Berkat usahanya, masjid artistik ini bisa berdiri. Sekarang fasilitasnya sudah lengkap,” jelas Muhammad Zarkasyi.

Penasaran akan keindahan masjid dan kubah masjid bawah tanah ini? Jika anda melintas jalur Pantura Tuban, ada baiknya anda menyempatkan diri untuk mampir.(*)

Reporter: Zahra Banatina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here