Beranda Hukum Kriminal Polisi Kediri Ringkus Pembuat Serbuk Petasan Asal Jombang

Polisi Kediri Ringkus Pembuat Serbuk Petasan Asal Jombang

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Petugas Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Kediri berhasil mengungkap peredaran serbuk petasan yang selama ini meresahkan warga. Petugas menangkap Imam Syukur, warga Desa Gondangmanis Kecamatan Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang.

Tersangka Imam Syukur ditangkap petugas di Jalan Raya Mekikis Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri dari hasil pengembangan kasus penemuan serbuk petasan di wilayah Kecamatan Kras dan Mojo Kabupaten Kediri beberapa waktu lalu.

Kapolres Kediri AKBP Sumaryono dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas AKP Bowo Wicaksono membenarkan adanya pengungkapan kasus pembuatan serbuk petasan tersebut. “Selain mengamankan tersangka, kami juga berhasil mengamankan barang bukti 64 kilogram serbuk petasan yang dibungkus plastik isi setengah kiloan. Barang-barang ini siap dijual ke para pembuat petasan di wilayah Kediri,” ujar Bowo Wicaksono, Rabu (07/06/2017).

Baca Juga:  Pengelola Inul Vizta Kediri Bantah Sediakan Penari Bugil

Informasinya, tersangka meracik serbuk bahan baku pembuatan petasan ini dengan mencampur antara belerang, brone dan potasium. Tersangka mendapatkan bahan dari sebuah toko bahan kimia di Surabaya. Sedangkan bubuk petasan dipasarkan di wilayah Kediri dan Nganjuk dengan harga Rp 90 ribu per setengah kilogram.

Selain itu petugas juga berhasil mengamankan barang bukti kendaraan roda dua merk Honda yang digunakan untuk sarana melancarkan pengiriman bubuk petasan ke luar kota. Akibat perbuatannya, maka tersangka menurut keterangan petugas akan dijerat melanggar UU Darurat RI No.12 Tahun 1951 pasal 1 ayat (1) dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.(*)

Reporter: Iwan Sutisna.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here