Beranda Wisata Hiburan Serunya Lomba Balap Drone di Surabaya

Serunya Lomba Balap Drone di Surabaya

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Dunia balap memiliki keasyikan tersendiri terutama bagi penggemarnya. Umumnya balapan ini digunakan utuk adu kecepatan mobil ataupun motor. Namun ternyata di Surabaya telah terbentuk satu komunitas balap drone dengan nama Indonesia Drone Race Federation.

Indonesia Drone Race Federation ini terdiri dari para pecinta drone yang gemar mengendalikan drone secara kencang dengan melewati berbagai rintangan. Biasanya rintangan ini terbuat dari holahop, atau lingkaran rotan yang berbentuk bundar dan dilengkapi lampu led.

Komunitas balap drone ini baru berkembang 2 tahun di Indonesia, sementara khusus di Surabaya baru diadakan kali ini. Tipe drone yang digunakan biasanya yang merupakan jenis type mini dan mikro.

Untuk memperkenalkan di masyarkat, komunitas ini menggunakan drone ukuran mikro. Drone mikro ini memiliki panjang dan lebar 100 milimeter atau 10 centimeter sehingga tidak membahayakan. Mikro drone ini sendiri mampu melaju dengan kecepatan 40 km / jam dengan jarak tempuh 300 meter. Agar lebih mudah dikendalikan, pemilik drone biasanya memakai remote control dan juga kacamata google.

Ketua Indonesia Drone Race Federation Surabaya, Hendy Wicaksono mengatakan, komunitas balap drone ini sudah berkembang di Indonesia selama 1 hingga 2 tahun belakangan.

“Untuk kegiatan ini dipilih drone berukuran mikro karena dinilai tidak membahayakan bila terkena orang. Mengendalikan miro drone dengan melewati berbagai macam obstaicle menjadi tantangan tersendiri,“ ungkap Hendy.

Saat ini di Indonesia, jumlah anggota komunitas Indonesia Drone Race Federation sudah ada 50 anggota, dan untuk di Surabaya terdapat 20 anggota. Setidaknya biaya yang perlu disiapkan untuk hobi ini sebesar Rp 10 juta. Biaya ini untuk membeli pesawat drone, remote control dan kacamata google.(*)

Reporter : Nurul Abidin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here