Beranda Ekonomi Bisnis Tasbih Kayu Songo yang Dianggap Bertuah

Tasbih Kayu Songo yang Dianggap Bertuah

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Tasbih merupakan salah satu sarana ibadah yang tidak akan pernah lepas dari tangan umat muslim saat tengah melakukan dizkir. Tasbih ini tersedia dalam beragam bahan, seperti dari plastik, batu bahkan kayu.

Di wilayah Desa Simo Kecamatan Kedungwaru Tulungagung Jawa Timur, terdapat sebuah kerajinan tasbih yang berbahan dasar kayu. Tidak sembarang kayu yang digunakan, namun tasbih ini menggunakan sembilan kayu langka dan dianggap masyarakat jawa memiliki tuah.

Sembilan jenis kayu ini seperti, kayu setigi, cendana, dewandaru, nagasari, walikukun, galih asem, galih johar dan kayu liwung. Bagi masyarakat jawa, kayu-kayu tersebut memiliki khasiat dan tuah tertentu.

Proses pembuatan tasbih kayu sembilan, atau dalam istilah jawa kayu songo ini, sama seperti pembuatan tasbih pada umumnya. Bahan baku  kayu dipotong dan dibelah sesuai dengan kebutuhan. Kemudian potongan – potongan kayu tersebut dibentuk bulatan – bulatan kecil menggunakan  mesin bubut kayu.  Satu potongan kayu berukuran 3 cm, bisa menghasilkan bulatan tasbih sebanyak 6 biji. Setelah selesai dibubut, biji-biji tasbih ini kemudian dilubangi tengahnya dan dirangkai dengan benang.

Menurut pengrajin tasbih kayu songo, Rekso Yuwono, kendala dalam memproses tasbih ini adalah sulitnya mendapatkan bahan baku yang jumlahnya sangat terbatas. Tasbih ini tidak diproduksi banyak, hanya berdasarkan pesanan saja. Promosi yang dilakukan pun hanya dari mulut ke mulut.  “Pesanan banyak yang datang dari  Blitar, Kediri, Trenggalek. Pas puasa ini pesanan alhamdulillah meningkat” ungkap Rekso Yuwono.

Sementara menurut seorang pembeli tasbih, Anam Bastomi, kayu-kayu langka pada biji tasbih ini, dianggap bertuah atau memiliki kekuatan tertentu. “Tasbih dari kayu langka ini memiliki tuah seperti untuk keselamatan, ataupun untuk kewibawaan, terlebih bila digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah,” tutur Anam.

Karena unik dan langka, terkadang tasbih kayu songo ini juga digunakan penyuka barang langka sebagai koleksi selain digunakan sebagai sarana untuk bertasbih.(*)

Reporter : Wawan Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here