Beranda Peristiwa Tol Surabaya Kertosono Pangkas Waktu Tempuh Hingga 1 Jam

Tol Surabaya Kertosono Pangkas Waktu Tempuh Hingga 1 Jam

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Beroperasinya jalan tol Surabaya Kertosono selama arus mudik 2017, disambut baik oleh pengguna jalan lintas tengah ini. Para pemudik mengaku sangat terbantu karena dapat menghemat waktu tempuh hingga satu jam bila dibanding melalui jalan nasional.

Jalan tol Surabaya Kertosono mulai dibuka Senin ini (19/06/2017) untuk satu arah arus mudik dari Surabaya ke Kertosono Kabupaten Nganjuk. Sebagian ruas tol sudah operasional secara resmi, namun beberapa ruas tol masih fungsional.

Seperti yang terlihat di jalan tol ruas 4A penghubung Bandar Kedungmulyo Kabupaten Jombang menuju exit tol Kertosono di Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Jalan tol ini masih tersedia satu ruas dengan kondisi rabat beton semi permanen. Meskipun beberapa ruas jalan masih belum sempurna, namun sejumlah pemudik sudah memanfaatkan jalan bebas hambatan ini.

Dasti Santoso, salah satu pemudik asal Surabaya tujuan Madiun mengaku, dirinya sangat terbantu dengan keberadaan jalan tol ini. Sejak masuk pintu tol Legundi hingga exit tol Kertosono, tidak menemukan kendala yang berarti.

“Keluar dari pintu tol Mojokerto aku pilih lurus mengikuti jalan tol fungsional. Masuk lagi tol Jombang dan ketemu exit Kertosono ini. Lumayan lebih cepat, tadi berangkat jam 10 dari Surabaya sampai di Kertosono jam 11.30,” ujar perempuan yang mudik bersama putrinya ini.

Ditambahkan Dasti, sepanjang perjalanan memang masih ditemukan jalan dengan banyak kerikil dan pasir. Namun secara umum perjalanan lancar dan tidak ada hambatan berarti. “Hanya tadi sedikit kaget lepas dari tol Jombang kok ada jembatan darurat dari papan. Tapi ternyata gak masalah saat dilewati,” tambah Dasti.

Sementara itu, petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Nganjuk yang berjaga di exit tol Kertosono Joko Wibowo menyatakan, jalan tol hanya digunakan satu arah dari Surabaya menuju Kertosono mulai pukul 6 pagi hingga pukul 5 sore. Pada arus balik nanti, akan diberlakukan arah sebaliknya yakni dari Kertosono ke arah Surabaya.

“Mulai hari ini sudah bisa digunakan. Tadi juga sudah dicek oleh pimpinan dan staf bagian prasarana dan layak untuk digunakan pemudik,” jelas Joko Wibobo.

Untuk pemudik yang akan melanjutkan perjalanan ke arah Madiun, dari exit tol Kertosono selanjutnya akan diarahkan ke jalan kabupaten di Kecamatan Patianrowo – Lengkong – Gondang dan simpang 4 Guyangan menuju Madiun. Jalan alternatif ini dapat menhindari kepadatan arus di jalur nasional Kertosono menuju Nganjuk yang dipastikan padat saat puncak arus mudik tiba.(*)

Reporter: Tim Liputan AGTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here