Beranda Hukum Kriminal Ditlantas Gelar Apel Besar Pelopori Keselamatan Berlalulintas

Ditlantas Gelar Apel Besar Pelopori Keselamatan Berlalulintas

BERBAGI

AGTVnews.com – Kepolisian Daerah Jawa Timur menggelar Apel Besar Pelopor Keselamatan Berlalulintas di Tulungagung, Rabu (26/7/2017). Apel dipusatkan di halaman Kantor Bupati Tulungagung dengan melibatkan jajaran Satlantas Polres Tulungagung dan ratusan pelajar.

Kegiatan Apel Besar ini, merupakan program dekade Keselamtan Berlalu-lintas yang digelar Polda Jawa Timur bersama jajaran Satlantas Polres di Jawa Timur. hal ini dipicu tingginya Angka kecelakaan di Jawa Timur yang melibatkan korban usia produktif 16 tahun hingga 21 tahun.

Angka kecelakaan di Jawa Timur merupakan tertinggi di Indonesia sebanyak 23.016 kejadian, dengan korban meninggal dunia sebanyak 5.694 orang. Dari jumlah korban meninggal dunia tersebut, 82,7% korban sepeda motor, yang 20% nya melibatkan korban usia produktif.

Dalam kegiatan ini juga disematkan PIN Pelopor Keselamatan Berlalulintas serta pengukuhan Duta Lalu Lintas Polres Tulunggagung. Tertib berlalu lintas ini merupakan upaya pemerintah berskala nasional untuk menurunkan jumlah angka korban meninggal dunia akibat kecelakaan. Diharapkan tahun 2020 korban meninggal dunia turun 50% dan tahun 2035 turun sebesar 80%

Menurut Kabsubdit Dikyasa Polda Jawa Timur, AKBP Muhammad Budi Hendrawan, apel besar ini tidak hanya mencanangkan program dekade keselamatan berlalu lintas, namun juga untuk mencanangkan program untuk pelajar “save our student” dengan melakukan penindakan terhadap para para pelajar yang melanggar lalulintas namun secara manusiawi.

“Save our student ini, agar pelajar ini lebih berhati-hati dan tertib berkendara. Jika ada yang melanggar akan ditindak secara manusiawi. Selain itu nanti akan dilakukan razia khusus, ke sekolah-sekolah untuk menertibkan para pengguna motor, terutama pelajar,” ujar Kabsubdit Dikyasa Polda Jatim.

Diharapkan dengan kegiatan ini para pelajar yang mengendarai kendaraan bermotor akan lebih tertib dan disiplin, sehingga kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.(*)

Reporter: Wawan Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here