Beranda Ekonomi Bisnis Dulang Rupiah Dari Bisnis Ikan Gurame

Dulang Rupiah Dari Bisnis Ikan Gurame

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Peluang wirausaha bisa datang dari berbagai bidang, asal kita telaten dan tekun untuk menjalankannya. Salah satunya usaha budidaya ikan gurame. Budidaya ikan gurame di Madiun Jawa Timur, masih memiliki prospek yang cukup bagus. Selain bisa sebagai peluang menciptakan lapangan kerja, juga sebagai sumber pundi-pundi rupiah.

Seorang warga di Madiun, Anwar warga Desa Rejosari Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun, menekuni usaha budidaya gurame ini sejak tahun 1995. Meski menjadi peluang bagus, namun budidaya ikan gurame ini masih memiliki segmen yang sempit dan kompetitif.

Menurut Anwar, awalnya usaha ini hanya coba-coba di salah satu kolam ikan miliknya. Ikan Gurame dipilih karena ikan konsumsi ini harganya relatif stabil dan perawatanya cukup mudah.

“Ikan Gurami ini ikan yang perawatan gampang, awalnya Cuma coba-coba saja. Alhamdulillah sekarang sudah bisa berkembang seperti saat ini,” tutur Anwar. Dari satu kolam saja, Anwar saat ini sudah memiliki 10 kolam ikan gurame, dengan bobot ikan yang berbeda –beda dan siap produksi.

Segmen pasar ikan gurame di Kabupaten Madiun saat ini masih sempit. Anwar menuturkan awal tahun 2016, saat panen perdana, dirinya sempat kebingungan untuk memasarkan hasil ikannya. “Panen perdana, ikan ini saya pasarkan sendiri ke pasar dan juga tempat-tempat makan di Madiun. Pemasaran memang agak susah,“ jelas Anwar.

Namun sekarang cara panen yang dilakukan Awar lebih mudah karena sesuai dengan kebutuhan Pembeli. “Jadi pembeli ada yang datang langsung, atau minta yang berat berapa,” ungkap Anwar.

Kolam budidaya ikan Gurame ini dikelompokan sesuai dengan beratnya. “Ada yang satu kilo isi 3 ekor, 1 kilo hanya satu ikan saja, atau yang satu kilo lebih. Tidak jarang pembeli langsung datang ke kolam untuk memilih dan dimasak ditempat,” jelas anwar.

Anwar memanfaatkan lahan sekitar kolam untuk menanam padi, berkebun juga beternak sapi. Memanfaatkan pengairan yang berasal dari kolam ikan. Selain tanaman menjadi subur, air buangan kolam ini juga tidak sisa-sia.(*)

Reporter: Eko Prasetyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here