Beranda Peristiwa Eksekusi 6 Bidang Lahan Tedampak Tol Mantingan Kertosono, Warga Pasrah

Eksekusi 6 Bidang Lahan Tedampak Tol Mantingan Kertosono, Warga Pasrah

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Madiun melakukan eksekusi 6 bidang lahan persawahan milik warga seluas 4.788 meter persegi, Jumat (21/7/2017). Lahan tersebut terletak di dua desa, yakni Desa Warurejo dan Desa Kedungjati Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun.

Eksekusi lahan dilakukan oleh Tim Juru Sita dari PN Kabupaten Madiun dengan pengawalan ketat dari pihak Kepolisian Resor Madiun. Namun dari keseluruhan lahan yang tereksekusi, tidak nampak perlawanan dari warga.

Menurut Juru Sita PN Kabupaten Madiun, Hartono, proses eksekusi ini merupakan tahap akhir dari tarik ulur ganti rugi lahan antara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan dengan warga. Lantaran hal itu pihak PPK menitipkan uang ganti rugi ke pengadilan alias konsinyasi.

“Tahapan ini sudah sesuai perundang-undangan yang berlaku sebab lahan yang dibebaskan akan digunakan fasilitas umum. Warga pemilik lahan bisa segera mengambil uang ganti rugi tersebut di PN. Sedangkan jika ada keberatan silakan untuk mengajukan gugatan,” jelas hartono.

Pembangunan jalan tol Solo–Kertosono, ruas Ngawi Mantingan–Kertosono masih terus berlangsung. Namun, sebagian lahan milik warga yang terdampak proyek ini baru berhasil dibebaskan melalui jalur hukum bulan ini.

Budi santoso, perwakilan dari PPK pengadaan lahan mengatakan, eksekusi lahan dengan luas 4.788 meter persegi terpaksa dilakukan karena warga meminta nilai ganti rugi yang melebihi ketentuan.(*)

Reporter: Eko Prasetyo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here