Beranda Ekonomi Bisnis Garam Langka, Produsen Es Puter Kebingungan Bahan Baku

Garam Langka, Produsen Es Puter Kebingungan Bahan Baku

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Kelangkaan Garam di wilayah Jawa Timur, berimbas juga terhadap pelaku usaha es puter di wilayah Tulungagung. Garam merupakan salah satu bahan wajib yang diperlukan saat proses pembuatan es puter ini. Kalaupun ada barang, harga jualnya juga meningkat dua kali lipat.

Sejumlah pedagang es puter di Desa Plandaan Kecamatan Kedungwaru Tulungagung, mengeluh adanya kelangkaan garam sejak beberapa pekan terakhir. Sejak hilang dari pasaran, harga garam meningkat dua kali lipat. Harga garam kristal yang biasanya Rp 3 ribu per kilogram saat ini menjadi Rp 6 ribu per kilogram.

Dalam proses pembuatan es puter, semua bahan es puter yakni santan, susu, dan bahan pelengkap lainnya dimasukkan ke dalam wadah tabung. Tabung ini ditempatkan di sebuah wadah yang berisi balok es dan garam. Garam disini berfungsi untuk menurunkan temperatur sehingga es puter bisa membeku. Untuk pembuatan satu box atau tube es puter dibutuhkan garam paling tidak 10 kg.

Baca Juga:  Pasta Gigi dari Cangkang Telur Murah Berkhasiat

Menurut salah satu pedagang es puter, Suprihatin, sejak harga garam naik,dirinya terpaksa harus menaikkan harga jual es puternya. ”Ya harganya dinaikkan sejak garam susah didapat. Kalaupun ada harganya naik dua kali lipat,” ujar Suprihatin.

kenaikan ini baru terjadi sejak 20 tahun terakhir dirinya berjualan es puter. Suprihatin menambahkan, bila biasanya satu box dijual Rp 350 ribu sekarang harga garam naik, harga jualnya jadi Rp 400 ribu.

Ternyata, kelangkaan garam berimbas terhadap perekonomian warga. Diharapkan kelangkaan ini bisa segera teratasi sehingga perekonomian warga kembali lancar.(*)

Reporter: Wawan Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here