Beranda Ekonomi Bisnis Harga Ikan Asin Ikut Melambung

Harga Ikan Asin Ikut Melambung

BERBAGI

AGTVnews.com – Melambungnya harga garam satu bulan terakhir, akibat kelangkaan yang terjadi berimbas juga terhadap roda perekonomian sejumlah pengusaha ikan asin di kawasan kampung nelayan Kenjeran Surabaya Jawa Timur.

Tingginya harga garam yang menjadi bahan baku pembuatan ikan asin ini, mengakibatkan harga ikan asin ikut melambung hingga 100 persen. Hal ini terpaksa dilakukan agar usaha ikan asin milik warga ini bisa tetap berjalan.

Menurut salah satu pengusaha ikan asin, Nurmadah, harga ikan asin yang biasanya di kisaran Rp 10 ribu, saat ini menjadi Rp 27 ribu perkilogram. Harga ikan asin jenis bulu ayam dari harga Rp 20 ribu menjadi Rp 50 ribu perkilogram.

“Kenaikan harga ikan ini dampak kenaikan gaam yang menjadi bahan pengawet alami ikan asing. Garam yang dibeli yang kemasan kecil harganya Rp 2500 sekarang Rp 5 ribu,” ujar Nurmadah.

Menjadi sebuah dilema juga bagi pengusaha ikan asin ini, karena bila harga tidak dinaikan maka usaha mereka terancam gulung tikar. Namun bila harga jual ikan asin ini dinaikkan, maka akan sepi pembeli. Pengusaha ikan asin ini hanya bisa berharap, pemerintah segera menormalkan kembali harga garam di pasaran.(*)

Reporter: Nurul Abidin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here