Beranda Pemerintahan Kalah Dalam Sengketa Lahan Melawan TNI-AD, Sejumlah Warga Menangis

Kalah Dalam Sengketa Lahan Melawan TNI-AD, Sejumlah Warga Menangis

BERBAGI

AGTVnews.com – Sekitar enam ratusan warga dari lima desa di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, menggruduk Pengadilan Negeri Setempat pada Kamis (27/07/2017). Kedatangan warga ini untuk menyaksikan sidang sengketa lahan eks Perkebunan Kaligentong.

Lima desa yang mendatangani Pengadilan Negeri Tulungagung, yakni Desa Panggungkalak dan Kaligentong Kecamatan Pucanglaban, Desa Rejosari dan Kalibatur Kecamatan Kalidawir, serta Desa Kresikan Kecamatan Tanggunggunung. Kedatangan ratusan warga ini mendapat pengawalan ketat dari anggota kepolisian dan TNI.

Warga ini ingin menyaksikan langsung agenda sidang putusan penentuan menang atau kalah, terhadap sengketa lahan eks perkebunan Kaligentong seluas 1.530 hektar, antara warga melawan pihak TNI –AD.

Warga yang masuk diperbolehkan perwakilan saja, sementara lainnya tertahan di depan pintu masuk Kantor Pengadilan Negeri. Sidang sengketa lahan ini berlangsung sejak Januari lalu. Warga didampingi kuasa hukum Eggy Sudjana. Sidang kali ini hanya berlangsung sekitar 1 jam.

Baca Juga:  Simbol 212 Buat Komikus Diputus Kontrak Oleh Marvel

Usai persidangan, kuasa hukum warga menyampaikan, bahwa pengadilan memenangkan pihak TNI Angkatan Darat. Pemberitahuan ini menjadikan warga kecewa. Bahkan sejumlah warga meneteskan airmata. Mereka akan terusir dari rumah dan pekarangan yang sudah mereka tempati selama puluhan tahun.

Menurut salah satu warga, Suyatun, merasa kecewa dengan hasil sidang kali ini, namun warga akan melakukan banding di Pengadilan tinggi. “Saya kecewa sekali, kalah dalam sidang kali ini, tapi kami tidak akan diam saja. Kami akan terus berusaha,” tegas Suyatun.

Reporter: Wawan Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here