Beranda Peristiwa Kebakaran Hutan di Trenggalek Ancam Program Penghijauan

Kebakaran Hutan di Trenggalek Ancam Program Penghijauan

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Memasuki musim kemarau, bencana kebakaran melanda sejumlah kawasan hutan di Kabupaten Trenggalek. Kasus kebakaran terbaru adalah kawasan hutan di wilayah Pegunungan Kebo Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan yang mendadak terbakar hebat, Selasa (4/7/2017).

Wakil Kepala Perhutani Administratur Kediri Selatan di Trenggalek Andi Iswindarto mengatakan, pihaknya mengetahui kejadian tersebut dari laporan warga yang mengetahui ada batang pohon berikut daunnya terbakar hingga menjalar ke pohon lain yang berjenis pinus. “Kita dapat informasi dari warga yang bermukim di lereng sekitar gunung Kebo tersebut,” katanya.

Andi menjelaskan, hutan yang terbakar itu di petak 78 RPH Trenggalek BKPH Trenggalek yang masuk di dua desa di dua kecamatan berbeda, dengan luas lahan 5 hektare.
“Sebagian ada di wilayah Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan dan sebagian lagi di wilayah Desa Sambirejo Kecamatan Trenggalek,” jelasnya.

Dari lahan yang terdampak, masih kata Andi, yang patut disayangkan banyaknya tanaman umurnya masih muda. Sehingga hal ini jelas sangat menghambat proses pertumbuhan bahkan bisa berdampak pada proses penghijauan dalam rangka penanganan bencana di Trenggalek. “Jelas ini kita merugi banyak karena tanaman ini juga sebagai hutan lindung yang berfungsi sebagai lahan penghijauan untuk menanggulangi erosi banjir,” tandasnya.

Baca Juga:  Material E-KTP Tiba, Dispendukcapil Mulai Cetak E-KTP

Pihak Perhutani mengakui banyak kendala yang dihadapi saat ini hingga timnya agak kerepotan memadamkan api yang sudah kadung menjalar luas. Tidak hanya angin yang kencang, tetapi medan yang sulit dijangkau karena curam dan terjal. “Bukit ini bawahnya ada pemukiman, tapi kemiringannya cukup signifikan dan kondisi tanahnya juga terjal bebatuan,” ungkapnya.

Sebelumnya, kebakaran hutan juga terjadi di bukit Rejekan Wesi, wilayah Desa Kendalrejo, Kecamatan Durenan seluas 2 hektar. Kawasan hutan yang terbakar berada di petak 114 c RPH Trenggalek BKPH Trenggalek.

Tidak ada laporan korban jiwa ataupun rumah penduduk terdampak, namun kobaran api yang sempat merembet ke sepanjang lereng bukit di sisi utara Kecamatan Durenan itu dilaporkan sempat membuat petugas Perhutani RPH Durenan, kepolisian dan warga panik.

Sejumlah kebakaran hutan ini diklaim akibat maraknya penerbangan balon udara yang dilakukan masyarakat Trenggalek saat merayakan lebaran lalu. Untuk memastikan apakah benar klaim tersebut, perlu adanya penyelidikan oleh aparat terkait demi pencegahan kejadian terulang di masa mendatang.(*)

Reporter: Tim Liputan AGTV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here