Beranda Wisata Hiburan Ketupat Khas Kampung Coklat Diserbu Ribuan Wisatawan

Ketupat Khas Kampung Coklat Diserbu Ribuan Wisatawan

BERBAGI

AGTVNEWS.com – Menandai berakhirnya perayaan lebaran, wisata edukasi Kampung Coklat di Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar menggelar kenduri ketupat pada Minggu (2/07/2017). Sebelum diperebutkan oleh wisatawan, ketupat ini diarak mengelilingi Kecamatan Plosorejo.

Usai dikirab, gunungan ketupat coklat ini kemudian disantap bersama dalam acara kenduri adat jawa. Kenduri ini dipimpin pemuka agama desa setempat serta iringan musik hadrah. Tidak hanya pemilik dan staff saja yang mengikuti kenduri ketupat coklat ini, namun juga ribuan warga serta pengunjung yang ada di kampung coklat.

Menurut pemilik wisata edukasi Kampung Coklat Kholid Mustofa, kenduri ketupat ini dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk melestarikan budaya Jawa kupatan. “Wisata kampung coklat mencoba untuk melestarikan budaya Jawa yang adiluhung, dan mengenalkannya kepada generasi muda. Tidak hanya itu, kami juga mencoba memadukan antara budaya jawa dengan industri modern, yaitu coklat,” tutur Kholid.

Tika Noviansari, salah satu pengunjung dari Tulungagung mengaku, acara kenduri ketupat ini sangat bagus dan inspiratif. Pengunjung tidak hanya menikmati sajian coklat, namun di moment libur lebaran ini pengunjung bisa menikmati ketupat coklat yang nikmat. “Baru kali ini saya menikmati ketupat coklat, dan rasanya enak sekali,” ungkap Tika.

Di wisata edukasi kampung coklat ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati berbagai jenis panganan berbahan dasar coklat, namun juga bisa menikmati suguhan live musik dan juga beragam wahana edukasi.(*)

Reporter: Didik Setiawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here